Ethicaldigest

Liquid Collagen Stimulator, Terobosan Baru dalam Tren Perawatan Estetika

Usai pandemi, tren perawatan estetika yang diminati pasien mulai bergeser. Mereka cenderung memilih aesthetica regenerative yang bisa membalikkan penuaan, dengan hasil yang lebih natural dan menunjukkan keunikan diri mereka. adapun dari segi teknik, pasien lebih menyukai teknik non-surgical, utamanya injeksi. Salah satunya, collagen stimulator.

Pasar estetika injeksi memang meningkat pesat. Diprediksi mencapai 12%/tahun dalam 5 tahun ke depan. Dalam 10 tahun terakhir, injeksi botox dan hyaluronic acid (HA) menjadi treatment injeksi yang paling diminati.

“Yang menarik, sekarang ada satu kategori baru yang booming, yaitu collagen stimulator. Terjadi peningkatan 171,8% atau dua kali lipat dalam empat tahun terakhir,” ungkap dr. Olivia Aldisa, Dipl.AAAM, dalam konferensi pers bertajuk Gorgeous Glow: The New Trend of Liquid Injection Collagen Stimulator di Gading Serpong, Sabtu (2/12/2023). Diperkirakan, perawatan ini akan menjadi perawatan utama di masa mendatang.

Liquid Collagen Stimulator

Pada dasarnya, collagen stimulator bekerja di lapisan dermis, dengan merangsang fibroblast menjadi lebih aktif untuk memproduksi kolagen dan elastin. Hal inilah yang kemudian membalikkan tanda-tanda aging pada kulit pasien. Kulit menjadi lebih kencang dan kenyal, garis dan kerut memudar, dan kulit yang tadinya bergelombang pun menjadi lebih rata.

Collagen stimulator yang penggunaannya mudah, akan sangat membantu dokter estetika dalam menjalankan prosedur injeksi, dengan hasil yang konsisten. “Kolagen stimulator dalam bentuk liquid merupakan terobosan terbaru yang dapat memberikan hasil terapi yang optimal dan aman karena dapat menyebar secara natural keseluruh wajah tanpa adanya resiko yang berbahaya untuk pasien,” tutur pendiri Maharva Clinic, dr. Aji Bayu Chandra dari Surabaya.

Gorgeous Glow dari Parvus Medica merupakan collagen stimulator dengan polycaprolactone (PCL) dalam bentuk liquid yang pertama dan satu-satunya di dunia. “Ini adalah terobosan terbaru yang memberikan hasil terapi optimal dan aman. Dengan bentuk liquid, lebih mudah menyebar secara natural ke seluruh area wajah tanpa risiko berbahaya,” tutur dr. Bayu.

Gorgeous Glow. menggunakan produk Gouri. Produk ini merupakan satu-satunya collagen stimulator yang telah diakui di ajang internasional bergengsi seperti AMWC (Anti-Aging Medical World Congress) di Monaco.

Edukasi Pasien

Penting bagi dokter yang berkarya di bidang estetika untuk selalu mengedukasi pasien, baik terkait efektivitas maupun keamanan produk, karena tidak semua injeksi collagen stimulator maupun produk estetika lainnya memiliki kualitas yang sama. “Di samping itu, kita perlu mengedukasi pasien untuk cermat dalam memilih klinik serta mengecek sertifikasi dokter,” ujar dr. Edo Raharja Sutanto.

Ia menegaskan, produk sebagus apapun tidak akan optimal hasilnya bila teknik penyuntikannya kurang tepat, atau lebih parah lagi, terkontaminasi karena peralatan yang digunakan tidak steril.

Pasien pun harus merasa nyaman saat menjalani terapi. “Injeksi Gorgeous Glow hanya butuh 5-10 menit. Apalagi dengan teknik yang baru, injeksi sama sekali tidak sakit,” lanjut dr. Edo. Pada teknik terdahulu, injeksi dilakukan di beberapa titik, dan cukup menyakitkan. “Sekarang hanya tiga titik di tiap sisi wajah. Skala nyerinya hanya 2 dari skala 0-10,” imbuhnya. Menariknya lagi, efek collagen stimulator Gorgeous Glow bisa bertahan hingga 6 – 12 bulan.

Gorgeous Glow bisa dilakukan oleh pasien dengan kelompok usia muda hingga tua, dan juga pada kulit berjerawat. Beberapa klinik estetik yang telah menyediakan perawatan collagen stimulator ini antara lain Youthology, Miracle, GloSkin, Maharva, Charlene, dan Quickglam. (nid)