Ethicaldigest

Teknologi Pencitraan Teranyar Toshiba

Toshiba terus mengembangkan teknologi pencitraan. Salah satu produk anyarnya, teknologi CT Myocardial Perfusion, tersedia pada Aquilion ONE dan Aquilion ONE ViSION. CT Myocardial Perfusion memungkinkan dokter menegakkan diagnosis iskemia pada jantung dengan melihat aliran darah di dalam pembuluh-pembuluh koroner. Teknologi ini dipamerkan pada pertemuan ilmiah tahunan American College of Cardiology (ACC) di Washington DC, akhir Maret 2014.

Teknologi ini memungkinkan pencitraan seluruh jantung dengan volume temporal tunggal yang seragam, dan hanya dengan satu kali pemindaian. Akibatnya, dosis radiasi yang diperlukan sangat rendah dan gambar yang didapat sama seperti yang diperoleh melalui CTA koroner. Alat ini akurat dalam menilai perfusi otot jantung, serta untuk menentukan cabang arteri coronaria mana yang menyebabkan iskemia guna menentukan viabilitas otot jantung. Akurasi ini juga mengurangi perlunya pemeriksaan tambahan lain, sehingga menghemat biaya. Dokter juga lebih mudah dalam menentukan tindakan selanjutnya yang perlu dilakukan.

Pencitraan CT jantung untuk menentukan penyumbatan dan/atau infark, sering menimbulkan rasa kurang nyaman bagi pasien. Saat pemeriksaan, pasien harus berpindah-pindah posisi sehingga penggunaan kontras harus panjang. Dengan Aquilion ONE TM, aliran darah dan anatomi arteri coronaria dapat terlihat hanya dengan satu kali putaran alat, sehingga distribusi kontras dapat merata.

Perfusi otot jantung dapat diinterpretasikan dengan membandingkan data pada keadaan istirahat dan saat stress. Pemeriksaan lain biasanya dilakukan menggunakan protokol angiografi CT prospektif dengan dosis rendah. Penyakit jantung tetap merupakan salah satu penyakit penyebab kematian utama di dunia. Dengan teknologi CT Scan yang baru, diharapkan penyakit jantung dapat terdeteksi lebih dini sehingga penanganan lebih optimal.