Ethicaldigest

Targetkan Reseptor Androgen pada Pasien Kanker Payudara

Kemoterapi saat ini menjadi satu-satunya terapi standar, untuk triple-negative breast cancer (TNBC). Namun, pemeriksaan molekuler pada TNBC telah mengidentifikasi subset TNBC berbeda yang bisa memberi informasi strategi terapeutik. Subset TNBC tersebut mengekspresikan reseptor androgen. Penelitian terkini menunjukkan bahwa pasien dengan TNBC AR positif, memiliki respon sedang terhadap AR inhibitors abiraterone acetate dan bicalutamide.

Para peneliti telah melakukan penelitian fase II yang disponsori industri, melibatkan pasien TNBC metastasis dengan AR-positif untuk mengevaluasi enzalutamide, penghambat AR yang disetujui untuk pasien dengan kanker prostat metastatik. Sebanyak 78 pasien yang dievaluasi menerima enzimalutamida oral sampai penyakit berkembang; 55% menerima obat tersebut sebagai pengobatan awal.  Disain penelitian dua tahap ini mengharuskan 3 dari 26 pasien pertama harus mencapai manfaat klinis pada minggu ke 16 (CB16), sebelum melanjutkan ke tahap 2. Dan 9 dari 62 pasien harus mencapai CB16 di tahap 2, agar memenuhi nilai ambang efikasi yang ditetapkan sebelumnya (endpoin primer).

Nilai ambang efakasi terpenuhi, karena 11 dari 26 pasien pertama mencapai CB16 di tahap 1 dan 24 dari 62 pasien mencapai CB16 di tahap kedua. Untuk intention-to-treat (ITT), pasien dan subkelompok pasien dengan ekspresi AR >10%, angka CB16 adalah 25% dan 33%, secara berurutan. Angka harapan hidup bebas progresi penyakit median adalah 2,9 dan 3,3 bulan. Harapan hidup median adalah 12,7 dan 17,6 bulan. Alasan terbanyak pasien berhenti pengobatan adalah progresi penyakit. Efek samping utama berupa kelelahan atau fatigue >tingkat 3 karena pengobatan.