Ethicaldigest

Terapi Depresi dengan Gelombang Magnetik

Mengatasi depresi dapat dilakukan menggunakan gelombang magnet. Ini dimungkinkan dengan disetujuinya Brainsway Deep TMS oleh FDA. Transcranial magnetic stimulation (TMS) merupakan metode noninvasif, yang digunakan untuk menyampaikan sejumlah gelombang magnetik ke otak. Gelombang ini disampaikan dengan mengalirkan tegangan tinggi melalui koil elektromagnetik, yang dipasang di kulit kepala pasien.

Gelombang merangsang terbentuknya medan listrik pada jaringan otak di bawahnya. Saat medan ini melampaui treshold dan diarahkan ke jalur neuron otak tertentu, terjadi depolarisasi aksonal setempat yang akan mengaktifkan neuron pada struktur otak yang bersangkutan.

TMS standar umumnya hanya dapat mencapai korteks, dengan kedalaman sekitar 1,5 cm. Dengan Brainsway Deep TMS, gelombang dapat mencapai struktur otak yang lebih dalam. Dengan demikian, dapat mencapai sistem limbik secara langsung guna mengatasi gangguan mood seperti depresi.

Deep TMS dapat merangsang terjadinya eksitasi mau pun inhibisi pada neuron yang terdapat di bagian otak yang dalam. Ia bersifat non-invasif, tanpa efek samping yang signifikan, dan pasien tidak memerlukan anestesi mau pun perawatan di rumah sakit. Pasien cukup duduk di kursi dengan kepala bersandar pada penyangga yang nyaman, dan koil diletakkan pada posisi yang tepat di kepala. Terapi dapat dilakukan selama 10-20 menit beberapa kali seminggu, selama beberapa minggu.