Ethicaldigest

Smarthpone Pengukur Tekanan Darah

Cek tekanan darah secara mandiri di rumah penting dilakukan untuk mengidentifikasi lebih dini hipertensi, dan mencegah komplikasi yang mungkin muncul. Bagaimana mengukur tekanan darah, saat berpergian? Kini ada alat yang dapat dilekatkan ke belakang smartphone dan dipasangkan dengan suatu aplikasi, yang dapat mengukur tekanan darah secara real time. Penelitian yang dilakukan, tingkat akurasinya sama dengan alat ukur menggunakan manset di lengan atas atau di jari. Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan di Science Translational Medicine.

Alat ini dikembangkan oleh Anand Chandrasekhar, mahasiswa pasca sarjana di Departemen Teknik Elektronika dan Komputer Michigan State University dan rekan-rekannya. Mereka bekerja menggunakan casing telephone cetak tiga dimensi, yang dilengkapi sensor optis di seluruh sensor tekan. Ketika seorang pengguna menekan sensor dengan jari, alat ini mengukur tekanan darah di arteri.

Telepon memberi umpan balik visual, untuk mengarahkan jumlah tekanan yang harus diberikan jari dan mengkalkulasikan hasil tekanan sistolik dan diastolic, melalui aplikasi yang diinstal ke telephon. Menurut publikasi penelitian, alat ini memiliki bias dan error presisi 3,3 dan 8,8 mm Hg, secara berurutan, untuk tekanan sistolik di atas 40-50 mmHg kisaran tekanan darah. Bias dan error presisi untuk tekanan darah diastolic adalah −5,6 dan 7,7 mm Hg. Dr. Seth Martin, kardiologis dan asisten professor pengobatan, di Johns Hopkins Medicine di Baltimore, Maryland, mengatakan, ini adalah temuan menarik yang melibatkan partisipan hanya 30 orang dan sangat sedikit penderita hipertensi yang dilibatkan. Dalam penelitian berikutnya, ia menekankan untuk melibatkan orang dengan tekanan darah dan usia yang beragam, serta melibatkan pasien usia lanjut.