Ethicaldigest

Pemakan Sendok Garpu

Saat di restoran, kita senang melihat hidangan lezat yang menggugah selera. Namun, tidak dengan Margaret Daalman. Wanita Belanda berusia 52 tahun ini lebih tergoda memakan sendok dan garpu, dibanding makanan yang disajikan. Tidak tanggung-tanggung, ia terpergok menelan 78 peralatan makan sekaligus, setelah datang ke rumah sakit karena mengeluh sakit perut.

Dalman yang bekerja sebagai sekretaris, mengatakan kepada dokter bahwa ia tidak dapat menahan keinginan untuk memakan peralatan makan dari perak. Meski demikian, sepertinya ia cukup sadar untuk ‘hanya’ memakan sendok garpu dan tidak menelan pisau. Belakangan, hal ini diketahui disebabkan karena gangguan kepribadian dan gangguan makan, yang disebut pica.

Peristiwa ini terjadi lebih dari 30 tahun lalu. Foto rontgen perut Daalman baru dipublikasikan beberapa tahun terakhir, di sebuah jurnal kedokteran di Belanda. Daalman diketahui telah pulih dengan sempurna. Ia sukses menjalani terapi psikiatrik, untuk mencegahnya kembali mengudap sendok.