Ethicaldigest

Orkambi, Obat Baru Cystic Fibrosis

Orhambi, Obat baru cystic fibrosis telah mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Orkambi merupakan golongan obat untuk penyakit cystic fibrosis kedua yang dikeluarkan Vertex Pharmaceutical, perusahaan bioteknologi di Boston, AS.

Orkambi merupakan kombinasi antara ivacaftor dan lumacaftor, diindikasikan pada pasien cystic fibrosis berusia >12 tahun dengan mutasi gen F508del. Obat baru cystic fibrosis ini tidak boleh dikonsumsi bersama-sama  beberapa obat, seperti antibiotik rifampisin, obat kejang fernobarbital, carbamazepin, dan beberapa obat lain. Belum ada penelitian lebih lanjut menganai penggunaan orkambi pada wanita hamil dan menyusui.

Penggunaan orkambi disarankan bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung lemak, seperti mentega, keju, pizza, susu, yougurt dan keju. Jika pasein lupa mengonsumsi obat ini lebih dari 6 jam dari waktu biasanya, lewati dosis tersebut, kemudian ambil dosis berikutnya pada jam biasanya mengonsumsi obat ini. Tidak disarankan mengambil dua dosis obat sekaligus, dalam waktu bersamaan.

Pasien yang sudah mengonsumi obat ini, tidak dianjurkan mengemudi kendaraan bermotor, mengoperasikan mesin dan sebagainya, karena kemungkinan efek samping yang dapat muncul dari  obat ini seperti rasa pusing.

Mengenai Cystic Fibrosis

Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah penyakit keturunan. Penyakit ini menyebabkan lendir-lendir dalam tubuh menjadi kental dan lengket. Cystic fibrosis bukanlah penyakit menular, Namun, penderitanya akan lebih rendah dan mudah tertular dari penderita penyakit infeksi.  

Dalam kondisi normal. lendir yang bersifat cair dan licin berfungsi sebagai pelumas di dalam tubuh. Namun pada penderita cystic fibrosis, kelainan gen mempengaruhi aliran cairan dan garam di dalam sel.

Kelainan gen ini menyebabkan lendir menjadi lengket dan menghambat sejumlah saluran di dalam tubuh. Saluran pernapasan adalah salah satu di antaranya.