Ethicaldigest

Dr. dr. Sutoto, MKes,

“Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan Khusus Kebersiahan Tangan”. Buku karangan Ketua Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Dr. dr. Sutoto, MKes, ini rencanannya akan didistribusikan ke rumah-rumah sakit di Indonesia. Ia berharap, bukunya bisa menjadi pedoman pembelajaran bagi praktisi medis, tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan di 5 saat penting; 1) sebelum menyentuh pasien; 2) sebelum melakukan tindakan bersih /antiseptik; 3) setelah terkena cairan tubuh pasien; 4) setelah menyentuh pasien; 5) setelah menyentuh benda-benda di sekeliling pasien.

“Menjaga kebersihan termasuk hand hygine, merupakan salah satu penilaian penting yang dilakukan Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS),” ujarnya. KARS telah ditetapkan sebagai satu satunya badan akreditasi rumah sakit di Indonesia, yang lulus akreditasi ISQua (International society of Quality on Health Care) yang berpusat di Dublin, Irlandia.

KARS sudah sejajar dengan badan badan akreditasi Nasional lain, yang sudah terakreditasi ISQua, seperti halnya Joint Commission International (JCI) sebagai Badan Akreditasi Amerika Serikat yang telah banyak dikenal. “Konsekwensinya, KARS harus menjaga mutu pelaksanaan akreditasi agar benar-benar dapat diakui oleh badan akreditasi lain di dunia,” ujar dr. Sutoto, yang juga Ketua Eksekutif KARS. Di sela kesibukannya, pria yang rutin berolahraga yoga ini berusaha untuk menjauhkan diri dari pikiran negatif. “Saya yakin pada kekuatan pikiran. Dengan men-design pemikiran yang positif, harapan akan mudah terlaksana.”