Ethicaldigest

Obat Inhalasi untuk Agitasi

Saat mengalami agitasi, tidak mudah untuk menenangkan pasien dengan skizofrenia atau bipolar. Obat yang diberikan melalui injeksi sulit diberikan, karena pasien sulit dikendalikan. Padahal, sekitar 90% penderita skizofrenia dan bipolar I akan mengalami agitasi. Agitasi dapat terjadi tanpa diduga dan sering memerlukan intervensi obat atau pengekangan fisik, untuk mencegah penderita melukai diri sendiri atau orang lain. Perlu intervensi yang bekerja cepat, efektif, dan aman.

FDA menyetujui penggunaan Adasuve® (loxapine) berupa serbuk inhalasi, untuk penatalaksanaan agitasi akut yang berkaitan dengan skizofrenia atau gangguan bipolar I pada dewasa. Adasuve® merupakan obat pertama dengan indikasi tersebut, yang tersedia dalam bentuk non-injeksi. Obat ini diberikan melalui sistem staccato yang menyampaikan aerosol obat jauh ke dalam paru, sehingga lebih cepat sampai dan terserap ke seluruh tubuh. Ini merupakan terobosan baru yang mendukung pemberian obat secara cepat, namun tetap non invasif. Adasuve direncanakan mulai beredar di pasaran kuartal ketiga tahun 2012 lalu.

Persetujuan FDA didasarkan atas data klinis, yang melibatkan lebih dari 1600 pasien. Pada percobaan tahap tiga, Adasuve mampu bekerja efektif dalam mengatasi agitasi pada pasien dewasa dengan skizofrenia atau gangguan bipolar I. Pada dua studi yang dilakukan, Adasuve 10mg menurunkan agitasi secara signifikan dua jam setelah pemberian dibanding plasebo. Efek penurunan agitasi tampak mulai dari 10 menit pemberian. Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa Adasuve dapat menyebabkan tercetusnya bronkospasme pada penderita asma atau PPOK, yang dapat menyebabkan depresi pernapasan dan henti napas. Obat ini juga meningkatkan mortalitas pada pasien psikosis demensia yang lanjut usia

Rencananya, Adasuve akan tersedia melalui program khusus yang disebut ADASUVE Risk Evaluation Mitigation Strategy (ADASUVE REMS). Obat ini juga hanya dapat diberikan di fasilitas kesehatan lengkap, yang dapat menangani bronkospasme akut dengan segera.