Ethicaldigest

Melawan Penuaan Kulit

Seiring bertambah usia, kulit menjadi keriput dan kering. Ada serangkaian produk perawatan kulit yang bisa membantu kulit tetap muda.

Penuaan merupakan proses penurunan progresif dari fungsi dan kapasitas organ tubuh, termasuk kulit. Saat usia bertambah, kulit akan kehilangan elastisitas, menjadi kering dan muncul keriput. “Keriput adalah masalah utama kulit, yang sering dikeluhkan orang berusia lanjut, diikuti kulit kering atau xerotik, “kata dr. Lili Legiawati, Sp.KK, dari FK Universitas Indonesia, pada International Scientific Meeting on Dermatology (ISCOD) 2019. 

Menurut dr. Amaranila Lalita Drijono, fungsi kulit dipengaruhi peptida, yang terbentuk dari asam amino. Palmitoyl pentapeptida adalah mikrokolagen, yang ketika diberikan pada permukaan kulit dapat mempenetrasi kulit, mencapai sel fibroblast. “Di sini palmitoyl pentapeptida mendorong sel untuk mensintesis molekul jaringan penghubung. Kita sebut matriks kulit, seperti kolagen dan glikosaminoglikan,” kata dr. Amara.

Sejumlah penelitian mengonfirmasi efikasi palmitoyl pentapeptida dalam meningkatkan kolagena I dan III, fibronektin dan glikosaminoglikan sampai 27%. “Jadi, zat aktif ini bisa menghilangkan kerutan, dan menjadi alternatif retinol dan vitamin C,” kata dr. Amara. Dalam penelitian yang berjalan 4 bulan, didapatkan perbaikan kedalaman kerutan yang sangat signifikan (p<0,01), 27% dalam 4 bulan. Juga terlihat penurunan kekasaran kulit 13%, setelah penggunaaan palmitoyl pentapeptida selama 4 bulan.

Teknologi nanopartikel

Acetyl Heptapeptide-9 (dan colloidal gold) adalah suatu kolagen sintesis, yang dikonjugasikan dengan gold nanopartikel. Suatu penelitian menunjukkan acetyl heptapeptida-9 (dan emas koloidal) dapat meningkatkan kolagen III sampai 25% dan kolagen I sampai 23%. Rata-rata acetyl heptapeptida (dan coloidal gold) menurunkan kedalaman keriput sampai 55%. Penelitian tidak menemukan adanya efek toksisitas dari kombinasi ini.

Di Indonesia dipasarkan gold serum, yang kandungannya meliputi palmitoyl pentapeptida-4, acetyl hexapeptida-8, acetyl heptapeptida-9 dan colloidal gold. Penelitian oleh dr. Amaranila terhadap 30 orang, 24 orang di antaranya adalah pengendara sepeda motor, memperlihatkan hanya dalam 8 minggu terjadi perbaikan tampilan kulit sebagaimana terlihat pada antera image. Tingkat kekasaran kulit menurun, setidaknya 20%. Untuk melanin, tidak ada perubahan.

Perawatan kulit kering

Dr. Lili Legiawati, Sp.KK, menerangkan bahwa tujuan perawatan kulit kering adalah mengembalikan epidermal barrier kulit dan menjaga hidrasi stratum korneum. Salah satu caranya dengan menggunakan pelembab kulit dua kali sehari. Plukenetia Volubilis Seed Oil (Topicare®) merupakan produk perawatan kulit kering yang mengandung PUFA, yaitu alfa linolenic acid (omega 3), asam linoleic (omega 6), oleic acid (omega 9) dan tokoferol. Produk ini berfungsi sebagai emolien, humectant dan antioksidan.

Keamanan pemutih kulit

Kekhawatiran penggunaan pemutih kulit yang banyak dipasaran saat ini, adalah masalah efek samping. Terutama yang mengandung hidroquinon, merkuri dan kortikosteroid. Karena itu, kemudian, dicari zat aktif lain yang lebih aman, di antaranya menggunakan zat alami yang diekstrak dari tanaman. Salah satu produk tersebut adalah ARBY®, yang mengandung niacinamide, Deoxyarbutin, kojic acid dan retinol.

“Pemutih kulit yang ideal harus dapat menginterupsi satu dari tiga langkah kunci melanogenesis, aman, sedikit efek samping, non toksik, atau less toksik terhadap melanosit dan bisa berpenetrasi ke dalam stratum korneum,” jelas dr. Lilik Norawati, Sp.KK, dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Dalam penelitian terhadap 10 wanita berusia 35-55 tahun dengan kulit jenis IV, ARBY® dapat menurunkan hiperpigmentasi sampai 30%. Warna kulit dan tingkat kecerahan warna kulit juga membaik, 40% sedikit membaik dan 20% tidak membaik setelah perawatan.

Tabir surya

Salah satu penyebab masalah kulit adalah paparan radiasi ultraviolet. Kini tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari sinar matahari, tapi dapat bekerja sebagai anti aging, pelembab kulit, memperkuat kulit, anti kerut, memutihkan kulit dan sebagainya.

Niacinamide memiliki banyak manfaat pada kulit, mencakup menghambat produksi sebum, menstimulasi lipid skin barrier, anti inflamasi, meningkatkan produksi kolagen, menghambat produksi dermal glikosaminoglikan yang berlebih, menghambat transfer melanosome dari melanosit ke keratinosit, dan menghambat glikasi protein melalui efek antioksidan. Sebagai pemutih, niacinamide menghambat transfer melanosome dari melanosit ke dalam keratinosit, dengan menghambat faktor keratinosit.

Kombinasi tabir surya dengan niacinamide memberi manfaat menurunkan sebum di permukaan kulit, mengecilkan ukuran dan tekstur pori, menurunkan risiko komedogenik serta menurunkan garis dan keriput halus. Juga menurunkan hiperpigmentasi dan mencegah keratosis aktinik.

Heliatech Lotion® tabir surya SPF 45+ berspektrum luas mengandung niacinamide, octyl methoxycinnamate, methylese bisbenzotriazolyl, butyl methoxydibenzoylmethane, tocopherykl acetat dan aloe vera. Pengalaman dr. Yuli Kurniawati, Sp.KK, dari FK Universitas Sriwijaya, Palembang,  niacinamide memberikan tampilan fasial yang lebih baik pada pasien rosasea setelah 4 minggu.

Kombinasi dengan N-undecyl-10-enoyl-L-phenylalanine, secara signifikan menurunkan bercak hiperpigmentasi pada wajah. Kombinasi niacinamide dan asam salisilat, secara signifikan menurunkan tampilan teksture dan ukuran pori wajah. Sedangkan kombinasi dengan peptida dan retinyl propionate, secara signifikan menurunkan tampilan garis di wajah dan kerut setelah minggu ke 8. kombinasi dengan peptida dan retinyl propionate, secara signifikan menurunkan tampilan garis di wajah dan kerut setelah minggu ke 8.