Perlu Law Enforcement Berantas Dengue (bagian 3) | ethicaldigest

Perlu Law Enforcement Berantas Dengue (bagian 3)

Apa saran agar pemberantasan dengue bisa tercapai?

Menurut saya, sekarang ini energi kita habis untuk hal-hal yang tidak perlu. Vaksin tentu diperlukan, tapi vaksin tanpa endorsement yang lain-lain, saya ragu. Mungkin mencegah keparahan, OK. Tapi untuk memberantas dengue, semua pihak harus terlibat. Meski semua anak divaksin tapi tanpa edukasi dan law enforcement, pemberantasan dengue tidak akan tercapai.

Jangan menganggap bahwa dengue itu masalah orang lain. Ini masalah kita bersama. Tidak bisa hanya dokter dan Kemenkes yang terlibat. Kembali lagi, edukasi dan law enforcement adalah cara paling tepat untuk memberantas dengue, selain vaksinasi. Edukasi harus kontinyu, tidak boleh putus. Saya ambil contoh, bidang saya endokrin anak. Saat kampanye tentang diabetes pada anak banyak dibicarakan, kejadian ketoasidosis turun. Orang lebih sadar dan paham, sehingga pasien anak tidak sampai jatuh ke keadaan ketoasidosis. Namun begitu kampanye distop, kejadiannya tinggi lagi.

RT/RW, Posyandu dan Puskesmas  harus ikut terlibat, Jumantik (juru pemantau jentik) digiatkan lagi. Memang sejak otonomi daerah, aturannya menjadi longgar; Dinas Kesehatan tidak lagi berada di bawah Kemenkes, melainkan di bawah Kepala Daerah. Maka, Kepala Daerah dan Pemerintah Daerah harus paham dan menganggap dengue sebagai masalah penting. 

Alangkah baiknya bila presiden tegas menyatakan bahwa jangan lagi ada dengue. Kalau demikian, kepala daerah pasti ribut. Bisa dikompetisikan tiap daerah; ada penghargaan untuk daerah yang kasus denguenya turun. Daerah dengan kasus dengue tinggi diekspos. Keluarkan pernyataan bahwa suatu daerah sudah bebas dengue, dan daerah lain rawan dengue. Kita harus berani bilang bahwa daerah kita belum bebas dengue. Memang malu, tapi mau tidak mau, semua orang perlu  bekerja sama memberantas dengue. Jangan seperti sekarang, ditutup-tutupi

Selebriti juga perlu dilibatkan. Saat dengue awareness week, semua pihak berbicara tentang dengue. Tentu, selebriti harus diedukasi dulu sehingga apa yang dibicarakan atau disarankan sesuai dengan ilmu medis.

Eradikasi dengue seharusnya bisa; apa yang tidak bisa? Mungkin bisa ditekan angka kejadian dengue dengan vaksinasi. Namun bila kondisinya seperti ini terus, tidak ada endorsement dari pemerintah dan berbagai pihak lain, rasanya mustahil pemberantasan dengue bisa  tercapai.

BACA JUGA PERLU LAW ENFORCEMENT BERANTAS DENGUE (BAGIAN 2)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.