Gaya Hidup dan Berat Badan Picu Varises | ethicaldigest

Gaya Hidup dan Berat Badan Picu Varises

Varises banyak ditemukan terutama pada pasien dengan riwayat berdiri terlalu lama dan pada kehamilan (terutama kehamilan kembar). Kondisi tersebut menyebabkan stres yang signifikan pada pembuluh darah kaki, dan membuat kegagalan /kerusakan katup-katup vena.

Secara umum varises terjadi karena faktor hormonal, gaya hidup, penyebab yang diperoleh (acquired) dan yang diwariskan. “Hormonal imbalance misalnya saat menstruasi, menyebabkan gangguan aliran dan kekentalan darah. Secara umum mengganggu kualitas pembuluh darah,” kata dr. Achmad.

Faktor gaya hidup misalnya karena sering berdiri terlalu lama dalam satu periode, yang menyebabkan tekanan darah di vena meningkat. Demikian pula jika duduk terlalu lama dan duduk menyilangkan kaki (dengkul bawah menekan vena kaki yang di atasnya). Juga karena merokok, yang merusak sel endotelial di vena.

“Bisa karena sering memakai sepatu high heels terlalu lama (> 2 jam). Karena tumpuan berat tubuh hanya pada satu titik,” papar dr. Achmad. “Berbeda dengan sepatu sport, yang dianggap bagus karena ada bantalan karet yang ikut membantu memompa darah balik ke jantung.”

Faktor yang diperoleh (acquired) meliputi obesitas (menyebabkan hipertensi vena), kehamilan (gabungan antara tingginya estrogen dan hipertensi vena), deep vein thrombosis (kerusakan vena dalam dan kerusakan katup vena), serta pertambahan usia.

“Proses degeneratif menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah dan katup vena, mengakibatkan munculnya bekuan darah,” jelas dokter yang pernah mendapat penghargaan sebagai pemenang pertama Aortic Valve Surgery dari Heart Center of Liverpool, tahun 2007.

Sementara faktor inherited biasanya didapatkan pada mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan varises (prevalensinya <10%), atau sindroma kongenital.

BACA VARISES, KELAINAN KRONIS PEMBULUH DARAH VENA

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.