Vit C Tak Berefek untuk Terapi Asam Urat | ethicaldigest

Vit C Tak Berefek untuk Terapi Asam Urat

Sebuah penelitian acak berskala kecil terbaru yang dipublikasikan secara online di Arthritis & Rheumatism 16 Mei 2013 menyebutkan, penambahan vitamin C pada terapi standar untuk penyakit gout, tidak memberi efek tambahan dalam menurunkan asam urat. Penelitian ini dilakukan sebagai respon terahadap penelitian sebelumnya oleh Huang dan kawan-kawan, yang melibatkan partisipan kontrol sehat, yang diberikan 500mg/hari.

Menurut peneliti utama Lisa Stamp, PhD, dari Universitas Otago di Christchurch, New Zealand, penelitian ini bertujuan melihat apakah penurunan kadar asam urat yang terlihat di dalam penelitian sebelumnya juga berlaku pada pasien gout. Jika benar, peneliti beralasan bahwa mungkin bermanfaat memberikan vitamin C sebagai tambahan terhadap terapi standar dengan allopurinol atau probenecid.

"Pada pasien gout, penelitian kami memperlihatkan bahwa tidak ada manfaat dalam menurunkan asam urat dari pemberian vitamin C 500 mg/hari," kata Dr. Stamp pada Medscape Medical News. "Sebagian besar penelitian sebelumnya, yang menuntun pada hipotesa ini berdasarkan pada penelitian yang melibatkan subyek sehat. Walau ada penelitian menunjukkan penurunan risiko berkembangnya gout pada orang dengan asupan vitamin C yang tinggi, penelitian kami adalah yang pertama menunjukkan bahwa vitamin C bukan pengobatan yang efektif untuk gout.”

Para peneliti melibatkan 40 pasien gout, yang memiliki kadar asam urat lebih dari kadar target pengobatan  American College of Rheumatology, yaitu 0,36 mmol/L (6 mg/100 mL). Sebanyak 20 pasien yang sudah mengonsumsi allopurinol, mendapat tambahan vitamin C 500 mg/hari atau  allopurinol dengan dosis yang lebih tinggi. Sebanyak 20 pasien yang belum pernah menggunakan allopurinol pada baseline diberikan allopurinol atau mulai menggunakan vitamin C (500 mg/hari).

Para peneliti menemukan bahwa vitamin C meningkatkan kadar askorbat serum, tetapi tidak menurunkan kadar asam urat yang cukup, untuk dikatakan signifikan. Di minggu ke 8, kadar asam urat serum menurun pada mereka yang menggunakan allopurinol, tidak berubah pada mereka yang menggunakan vitamin C, menurun pada mereka yang mendapat tambahan allopurinol terhadap terapi penurun asam urat baseline, dan tidak berubah  pada mereka yang mendapat tambahan vitamin C terhadap terapi penurun asam urat baseline.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.