Ukuran Tidak Tentukan Malignansi | ethicaldigest

Ukuran Tidak Tentukan Malignansi

Nodul tiroid soliter berukuran besar dengan sifat tidak menentu (indeterminate nature) tidak berisiko lebih besar menjadi ganas atau agresif, dibandingkan nodul berukuran lebih kecil dan dapat didiagnosis dengan aman dengan lobektomi tiroid. Hal ini diungkap suatu penelitian, yang dipublikasikan pada

"Kesimpulannya adalah bahwa sebagian besar keganasan pada nodul tiroid dengan sifat tidak menentu berisiko rendah tanpa menghiraukan ukuran tumor. Karenanya, ukuran tumor tidak bisa menjadi pertimbangan operasi diagnostik yang lebih agresif untuk nodul tiroid dengan sifat yang tidak tentu," kata penulis utama Pablo Valderrabano, MD, PhD, mengatakan pada Medscape Medical News.

Valderrabano dan rekan-rekannya menulis bahwa lebih dari 60.000 operasi tiroid yang tidak perlu dilakukan setiap tahun untuk mendiagnosis nodul tiroid yang secara sitologis tidak menentu. Hanya karena kekhawatiran terhadap ukuran tumor yang besar, umumnya lebih besar dari 4 cm. Praktek ini didukung oleh pedoman American Thyroid Association (Thyroid. 2016; 26: 1-133), yang saat ini menunjukkan bahwa tiroidektomi total mungkin merupakan pendekatan yang lebih disukai untuk nodul dengan ukuran lebih besar dari 4 cm.

Dalam penelitian ini, Valderrabano dan rekannya menganalisis hasil dari 652 nodul tiroid indeterminate dari 589 pasien yang dievaluasi di kantor mereka antara Oktober 2008 dan April 2016. Dari nodul, 546 lebih kecil dari 4 cm dan 106 adalah 4 cm atau lebih besar. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam karakteristik awal antara pasien atau nodul pada kedua kelompok.

Selain itu, tidak ada perbedaan signifikan tingkat keganasan antara nodul berukuran lebih kecil dari 4 cm (140 dari 546; 26,5%), dengan berukurahn 4 cm atau lebih besar (33 dari 106; 31,1%). Dari tumor yang ganas, sebagian besar berisiko rendah pada kedua kelompok, termasuk 70% nodul dalam kelompok kurang dari 4 cm dan 72% dari yang berukuran 4 cm atau lebih besar.

Selain itu, ketika ukuran dianalisis sebagai variabel kontinyu, para peneliti melihat tidak ada peningkatan risiko nodul menjadi kanker dengan meningkatnya ukuran (rasio odds, 1,03; 95% CI, .92 - 1,15) atau dengan agresif kanker yang ditemukan. .

Ukuran nodul selanjutnya tidak berhubungan secara signifikan dengan ekstensi ekstrathyroidal, margin positif, metastasis kelenjar getah bening, atau metastasis jauh. Hubungan yang lemah teramati antara metastasis jauh dan tumor ganas yang lebih besar (ukuran efek, 0,16; 95% CI, 0,01 - 0,30).

Ukuran umor juga tidak terkait dengan respon terhadap terapi (ukuran efek, 0,13; 95% CI, 0,07 - 0,33). Dan, pada kunjungan follow up terbaru, 83,8% (88 dari 105) pasien dengan tumor ganas di kelompok dengan ukuran tumor lebih kecil dari 4 cm tidak terlihat penyakit, seperti halnya 84,0% (21 dari 25) dari mereka dalam kelompok berukuran 4 cm atau lebih besar.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.