Tak ada Hubungan Langsung Aktivitas Fisik dan Penurunan Berat Badan | ethicaldigest

Tak ada Hubungan Langsung Aktivitas Fisik dan Penurunan Berat Badan

Banyak yang menyatakan bahwa aktivitas fisik mampu menjaga seseorang dari peningkatan berat badan. Sebuah penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan di Journal PeerJ di Amerika Serikat menunjukan, aktivitas fisik bukan hal utama yang mencegah meningkatnya berat badan seseorang. “Hasil studi kami menunjukan, aktifitas fisik tidak melindungi Anda dari bertambahnya berat badan,” ujar Prof. Lara R. Dugas, PhD, dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Loyola, Chicago, AS.

Tak bisa dipungkiri bahwa aktivitas fisik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa kondisi kesehatan lainnya. Orang yang sering berolahraga atau melakukan aktivitas fisik cenderung lebih sehat dan hidup lebih lama. Aktivitas fisik membakar kalori. Di sisi lain meningkatkan nafsu makan. Yang bersangkutan cenderung mengompensasi dengan makan lebih banyak, atau mengurangi aktivitas pada hari berikutnya.

Loyola Studi merupakan penelitian yang mengikutsertakan kelompok usia dewasa dengan rentang usia 25 - 40 tahun yang tinggal di Amerika Serikat, Ghana, Afrika Selatan, Jamaika dan Afrika Timur. Untuk memberi ukuran aktivitas fisik yang obyektif tanpa melebih-lebihkan, peserta dalam penelitian ini menggunakan perangkat accelerometers, yang mengukur energi yang dikeluarkan dan banyaknya langkah yang dilakukan peserta. Sebelumnya, para peneliti mengukur berat badan, tinggi badan dan lemak tubuh peserta. Para peserta diminta kembali setahun dan 2 tahun kemudian setelah penelitian.

Pada kunjungan awal, peserta dari Ghana memiliki berat badan rata-rata terendah 139 pound untuk laki-laki dan perempuan. Sementara berat rata-rata tertinggi peserta Amerika Serikat 202 pound untuk wanita dan 206 pound untuk laki-laki. Sebanyak 76% pria dan 44% perempuan Ghana melakukan pedoman aktivitas fisik yang disarankan setidaknya 2,5 jam/ minggu. Sementara pria dan wanita Amerika berturut-turut hanya 44% dan 20% yang melakukan aktivitas fisik.

Hasilnya, pada pria Amerika yang melakukan aktivitas fisik seperti yang disarankan setiap tahunnya terjadi peningkatan berat badan 0,5 pound/tahun. Sementara pada kelompok pria Amerika yang tidak melakukan aktivitas fisik sesuai pedoman yang disarankan, justru terjadi penurunan berat badan sebesar 0,6 pound/tahun.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.