Smartphone Rumah Sakit | ethicaldigest

Smartphone Rumah Sakit

Smartphone kini tidak hanya digunakan untuk bermain game, berkirim surel, atau membuka jejaring sosial. iHealth, perusahaan alat kesehatan di California, AS, baru-baru ini meluncurkan pulse oximeter, monitor jantung ambulatorik, dan pengukur tekanan darah ambulatorik. Alat ini dapat disinkronisasikan dengan aplikasi iOS iHealth melalui Bluetooth ke perangkat smartphone, dan memperlihatkan serta mengukur kadar oksigen darah, elektrokardiogram, atau tekanan darah dari waktu ke waktu.

Perangkat yang dipasangkan ke tubuh pasien ini, memiliki bentuk yang hampir sama dengan perangkat biasa. Hanya saja, bukan tersambung ke monitor yang besar, berat, dan sulit dibawa ke mana-mana. Alat ini lebih ramah untuk dikenakan ke mana pun pasien pergi. ECG ambulatorik misalnya, tetap dihubungkan dengan tubuh menggunakan perekat, dan hasil perekaman terlihat di telepon genggam. Alat ini dapat memperingatkan penggunanya jika terjadi aritmia dan menyampaikannya ke perawat atau keluarga pasien. Alat ini dilengkapi  memori yang mampu merekam selama 72 jam.

Sama seperti ECG yang bisa dibawa-bawa, pengukur tekanan darah pun bisa dibawa-bawa dan dikenakan sepanjang hari tanpa mengganggu aktivitas pasien. Alat ini berbentuk rompi, yang dapat dikenakan pasien sepanjang hari untuk merekam tekanan darah pasien, dan dapat dihubungkan ke perangkat Android atau iOS melalui bluetooth. Alat ini dapat merekam hingga 200 kali pengukuran tekanan darah, dan dapat diatur interval pengukurannya. Alat ini cocok untuk memantau tekanan darah atau melacak hipertensi yang tersamar, serta mendeteksi adanya “white-coat hypertension”.

Baik ECG mau pun alat pengukur tekanan darah ambulatorik, masih menunggu persetujuan FDA. Diharapkan mulai merambah pasar pada semester 2 tahun 2014 ini.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.