Nyeri Hilang Berkat Elektroakupuntur | ethicaldigest

Nyeri Hilang Berkat Elektroakupuntur

Neuropati perifer merupakan satu komplikasi, yang banyak terjadi pada penderita diabetes. Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri di organ gerak seperti kaki. Penggunaan elektroakupuntur ternyata efektif mengurangi rasa sakit, dan yang terpenting, aman digunakan. Ada satu penelitian terbaru, yang dipublikasikan di Diabetes Care dan dilakukan oleh Kyung-Min Shin dan rekan dari Divisi Kedokteran Klinis, Korea Institute of Oriental Medicine, di Daejeon, Korea Selatan.

Penelitian ini melibatkan 126 pasien dengan diabetes tipe 2, yang direkrut dari Juni 2014 hingga Maret 2015. Mereka mengalami neuropati perifer selama  6 bulan atau lebih, dengan skor nyeri mingguan rata-rata 4 atau lebih tinggi pada Pain Intensity Numerical Rating Scale (PI-NRS). Pasien secara acak dimasukkan dalam kelompok untuk mendapatkan pengobatan elektroakupuntur selama dua kali seminggu selama 8 minggu atau kelompok kontrol. Kedua kelompok juga menerima edukasi modifikasi pola makan dan gaya hidup untuk diabetes.

Terapi akupunktur melibatkan arus campuran 2 Hz / 120 Hz, yang diberikan pada 12 titik akupunktur dan 1 titik akupunktur tambahan opsional, yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia. Pada follow up selama 8 minggu, 9 peserta dalam kelompok elektroakupuntur dan 19 pada kelompok kontrol keluar dari penelitian.

Dalam hal outcome nyeri, diukur dengan skor PI-NRS pada minggu kesembilan masa follow up, pasien yang menerima elektroakupunktur menunjukkan perbaikan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol (P = .01). Dari mereka dalam kelompok perlakuan, sembilan (15,52%) memberikan respon terhadap terapi, didefinisikan mencapai penurunan skor PI-NRS 50% atau lebih, dibandingkan dengan hanya tiga (6,25%) pada kelompok kontrol (P = 0,21).

Mereka yang mendapatkan elektroakupuntur juga mengalami perbaikan yang jauh lebih besar dalam rasa sakit, yang diukur dengan McGill Pain Questionnaire; perbaikan kualitas tidur, yang merupakan masalah umum pada pasien dengan neuropati perifer dan skor nyeri EuroQol-5 Dimensios, setelah 9 minggu (P <0,05).

Dan sebanyak 82,5% dalam kelompok pengobatan elektroakupuntur melaporkan perbaikan pada Patient Global Impressions of Change dibandingkan dengan 34,1% pada kelompok kontrol. Perbaikan ini bertahan selama 17 minggu. Titik-titik akupunktur khusus dalam penelitian ini termasuk bilateral Zusanli (ST36), Xuanzhong (GB39), Yinlingquan (SP9), Sanyinjiao (SP6), Taichong (LR3), dan Zulinqi (GB41). Titik akupunktur tambahan Bafeng (EX-LE10) juga diberikan.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.