Musik Kurangi Stres | ethicaldigest

Musik Kurangi Stres

Penelitian University of Kentucky, AS, menemukan bahwa musik dapat memperkuat fungsi kognitif, menghilangkan stres, mengurangi rasa khawatir dan cemas. Penemuan ini diaplikasikan  seorang terapis berkebangsaan Inggris, Lori Gooding, yang juga Direktur UK Music Therapy yang menciptakan mUsiKcare dengan bantuan dana 35.000 dollar AS. Gooding bekerja sama dengan Vicki May, Direktur Sekolah Piano Lanjutan Inggris dan Olivia Yinger, sang asisten.

Gooding melakukan 10 minggu program latihan musik berbasis piano yang menekankan pada pembelajaran musik, dukungan kelompok, dan peningkatan harapan hidup yang khusus dibuka untuk  yang berusia >50 tahun. Terapi dilakukan satu jam /hari. Kepada peserta diajarkan pemahaman dan teknik dasar musik, kemudian diarahkan jenis alat musik apa yang sesuai dengan karakter individu, fisik dan mental. Mereka akan ditempatkan pada sebuah kondisi yang membuat mereka bebas memainkan alat musik masing-masing secara bersamaan. Inilah alasan mengapa situasi semacam jamming atau berkumpul untuk bermain musik bersama, mampu membuat seseorang bersikap lebih lepas.

Hal ini juga baik untuk mempercepat proses penyembuhan serta peningkatan sistem kognitif, pada mereka yang berkebutuhan khusus. Bagi mereka yang berkebutuhan khusus, terapi musik kini  dapat diaplikasikan melalui bantuan teknologi yang memudahkan ruang gerak sesuai kebutuhan, hingga dapat membantu menemukan potensi bakat bermusik mereka dengan tepat.

Secara sederhana, peralihan fokus pada latihan bermusik merupakan sarana menggantikan bahkan mengubur stres dan sebagainya secara perlahan, dengan hal-hal yang positif.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.