Metformin Perlambat Proses Ageing | ethicaldigest

Metformin Perlambat Proses Ageing

Banyaknya penggunaan obat anti diabetes, dalam hal ini metoformin,  memberikan dampak baik pada penggunaanya. Ternyata, obat ini mampu memperlambat proses penuaan dan bahkan memperpanjang umur penggunaannya. Hal ini diketahui dalam sebuah penelitain di Belgia, yang dilakukan pada hewan coba cacing, dan dipresentasikan dalam PNAS.

Para ilmuan dari Leuven University mempelajari pengaruh metformin pada cacing gelang jenis caenorhabditis, yang hanya memiliki umur tiga minggu. “Semakin tua umur cacing, tubuh cacing akan semakin mengecil, disertai  dengan banyaknya kerutan dan membuat cacing menjadi kurang bergerak. Namun setelah cacing diobati menggunakan metformin, pada cacing terdapat perbedaan yang menunjukkan penurunan berat badan yang sangat sedikit, dan tanpa adanya kerutan. Tidak hanya proses menua yang juga mengalami perlambatan, cacing ini menjadi tetap sehat lebih lama,” jelas Wounter De Haes, peneliti.

Mekanisme di balik hasil penelitian ini berhasil diterjemahkan. Para ahli sepakat bahwa metformin melepaskan jumlah yang lebih besar dari molekul oksigen yang toksik ke dalam sel. Pada gilirannya, hal tersebut akan meningkatkan ketahanan dan umur cacing menjadi lebih panjang. Dalam dosis yang terlalu besar berbahaya bagi cacing, namun sangat bermanfaat jika diberikan dalam dosis yang kecil. “Sel akan mempergunakan partikel oksigen reaktif pada tubuh cacing, sebelum dimulainya penuaan atau kerusakan sel akibat bertambahnya usia,” tambah De Haes.

Tentunya hal ini tidak otomatis bisa diterapkan pada manusia, dan hasilnya belum tentu sebanding dengan penelitian pada cacing. Paling tidak, penelitian ini dapat membuka penelitian lain, untuk mengetahui lebih lanjut peran obat anti diabetes dalam hal ini metformin, untuk mencegah kerusakan sel atau memperlambat penuaan.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.