Memonitor Gelombang Otak Secara Mobile | ethicaldigest

Memonitor Gelombang Otak Secara Mobile

Imec, Holst Centre dan Panasonic  meluncurkan EEG headset wireless terbaru. Alat ini memantau gelombang otak, melalui delapan saluran dan mentransmisi hasilnya secara langsung kepada receiver nirkabel, dengan jarak sampai 10 meter. Alat ini dapat digunakan tanpa bantuan ahli yang terlatih, bahkan dapat digunakan di luar klinik. Dengan demikian, terbuka kesempatan luasnya studi terhadap otak melalui EEG pada berbagai lingkungan dan situasi.

Alat ini merupakan pengembangan dari alat sebelumnya, dengan perbaikan pada impedans secara kontinyu untuk memonitor konsistensi sinyal, dan pembacaan yang lebih baik. Sistem yang digunakan merupakan integrasi komponen-komponen sirkuit, yang terdiri dari elektroda aktif dan amplifier EEG, bersama dengan mocrocontroller dan radio dengan power rendah.

Dapat merekam 8 saluran sinyal EEG secara kontinyu, sambil merekam electrode-tissue contact impedance (ETI). Adanya perekaman ETI secara simultan, memungkinkan penilaian status kontak elektrode secara kontinyu dari jarak jauh, selama perekaman EEG. Elektroda aktif akan menurunkan interferensi energi dan artifak akibat bergesernya kabel, sehingga kualitas sinyal yang didapat lebih baik. Sistem dapat diatur sesuai kebutuhan perekaman.

Berlawanan dengan sistem kabel, sistem  ini menggunakan elektroda kering dan tidak memerlukan persiapan kulit. Jika dibandingkan, sistem ini memiliki performa yang sama dengan alat EEG tradisional. Hanya saja, tidak menghabiskan banyak waktu untuk persiapan dan berukuran lebih kecil, sehingga mudah digunakan dan dapat diintegrasikan dengan produk lain.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.