Manfaat Olahraga Ibu Hamil | ethicaldigest

Manfaat Olahraga Ibu Hamil

Ibu hamil yang menjalani olahraga moderat secara rutin di awal kehamilan, lebih besar kemungkinannya dapat tidur lebih nyenyak dibanding mereka yang tidak melakukan. Ini hasil penelitian terbaru yang dipresentasikan pada SLEEP 2014, Pertemuan Tahunan ke 28 Associated Professional Sleep Societies.

Michele Okun PhD, dari Universitas Colorado, salah seorang peneliti mengatakan, hampir 25% wanita hamil melaporkan tidak bisa tidur di awal kehamilan. Sedangkan, masih sedikit penelitian yang melihat manfaat olah raga pada kualitas tidur wanita hamil.

Tanpa komplikasi medis atau obstetric, olah raga selama 30 menit dianjurkan bagi wanita hamil selama beberapa hari dalam seminggu. Data nasional memperlihatkan bahwa hanya 23% wanita hamil yang menjalankan anjuran ini.

Dr. Okun dan peneliti lain mengevaluasi efek olah raga pada efisiensi tidur, pada 183 wanita hamil. Buku harian dan aktigrafi digunakan untuk mengumpulkan data tidur dan olah raga selama 10-12 minggu, 14-16 minggu dan 18-20 minggu kehamilan.

Setelah mengendalikan kovariat yang relevan, mereka menemukan bahwa wanita yang menjalani olah raga moderat secara rutin, memiliki efisiensi tidur rerata yang lebih tinggi dibanding wanita yang tidak olah raga.

"Tidak ada efek dengan dosis olah raga," kata dr. Okun. "Olah raga dengan kadar yang tinggi tidak berdampak pada tidur yang lebih baik, dibanding olah raga dalam kadar moderat. Jadi, Anda tidak perlu melakukan banyak olah raga untuk mendapatkan manfaat olah raga selama kehamilan.”

Banyak bukti memperlihatkan bahwa kualitas tidur yang buruk, durasi tidur yang pendek dan gejala insomnia, dihubungkan dengan morbiditas dan mortalitas pada kelompok tidak hamil. Bukti ilmiah mengonfirmasi hubungan ini pada kehamilan, dan konsekuensinya tidak saja mempengaruhi ibu, tetapi juga memiliki efek jangka panjang pada bayi.

"Kita perlu mencari tahu cara untuk membuat ibu hamil lebih banyak berolah raga, karena selain memperbaiki outcome juga memperbaiki kualitas tidur," kata dr. Okun. Rutin berolah raga selama hamil akan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Penelitian juga menunjukkan manfaat olah raga pada proses melahirkan, memperpendek waktu kelahiran, memperkecil risiko lahir Caesar, dan mempercepat pemulihan.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.