Jahitan Tanpa Simpul | ethicaldigest

Jahitan Tanpa Simpul

Ethicon Inc., meluncurkan produk benang jahit (suture) yang didesain untuk kontrol dan fleksibilitas yang lebih baik bagi dokter bedah, dengan tetap mempertahankan jaringan yang telah dijahit tanpa harus membuat simpul.

Produk bernama STRATAFIX Knotless Tissue Control Devices ini, memiliki duri atau kait dengan jarak setiap 1 mm dengan alur spiral sepanjang benang. Pada bagian tengah benang, spiral akan berubah arah. Ini memungkinkan benang tertahan pada bagian tengah, tanpa harus membuat simpul. Penjahitan dilakukan mulai dari bagian tengah luka menggunakan jahitan kontinyu, ke arah pinggir luka ke satu sisi.

Kemudian, penutupan luka pada sisi yang lain, dilanjutkan menggunakan ujung benang yang tertahan pada bagian tengah. Untuk penjahitan luka secara berlapis, penjahitan dapat dilakukan dari ujung luka pada satu sisi sampai selesai pada lapisan yang lebih dalam. Setelah itu dilanjutkan penutupan luka bagian luar menggunakan benang yang tersisa, tanpa haru memotong benang atau membuat simpul. (Ilustrasi dapat dilihat pada website Ethicon).

STRATAFIX memberikan beberapa keuntungan bagi ahli bedah. Adanya kait sepanjang benang, akan mencegah jahitan menjadi longgar, sehingga lebih mudah untuk mengontrol tegangan dan mempertahankan aproksimasi tanpa bantuan alat lain. Kait yang ada juga mengeliminasi perlunya membuat simpul, sehingga dapat menghindari komplikasi yang berhubungan dengan simpul. Selain itu, pembedahan menjadi lebih efisien dan cepat.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.