Genetik Pengaruhi Menopouse Dini | ethicaldigest

Genetik Pengaruhi Menopouse Dini

Untuk pertama kali, seorang ilmuwan mampu mengidentifikasi faktor genetik yang mempengaruhi umur menopause pada wanita. Di konferensi tahunan European Society of Human Genetics, 25 Mei 2009, M Lisette Stolk, peneliti dari Erasmus MC, Rotterdam, Belanda mengatakan, “Ini suatu pemahaman besar menyangkut faktor yang mempengaruhi usia menopause wanita. Ini bisa membantu meningkatkan pengobatan klinis wanita infertil.”

M Stolk dan timnya melakukan genome-wide association Study (GWAS) pada 10. 339 wanita menopause. Data analisa diambil dari 9 studi berbeda yang dikerjakan di Belanda (studi 1 dan 2 dilakukan di Rotterdam), UK (TwinsUK), AS (Framingham, di Cardiovascular Health Study, ARIC study, HAPI Heart Study), Islandia (AGES-Reykjavik) dan Italia (studi InCHIANTI).

Ilmuwan menemukan 20 single nucleotide polymorphisms (SNPs) di 4 tempat berbeda, pada chromosomes 19 dan 20. SNPs adalah varian genetik yang mempengaruhi penampilan, perilaku, menderita  penyakit atau reaksi terhadap patogen. Dalam bidang genetika, varian tersebut digunakan untuk membandingan daerah genome antara kelompok tertentu dan untuk mengidentifikasi daerah yang berhubungan dengan karakteristik atau penyakit tertentu.

Peneliti menemukan SPNs yang belum dikenali sebelumnya, dan merupakan bagian dari tubuh yang mungkin memiliki efek tertentu. Peneliti berspekulasi bahwa ini hampir serupa dengan yang ada di indung telur atau otak. “Kita menemukan 20 SNPs yang semuanya berhubungan dengan menopause dini. Wanita yang mempunyai salah satu dari SNPs tersebut,  menopausenya akan lebih cepat dibanding yang lain", kata M Stolk.

Usia menopouse sangat bervariasi pada ras Kaukasia (kulit putih); berkisar usia 40-60 tahun dengan rata-rata pada 50 tahun. Penyebab tidak diketahui, tapi ada bukti dari studi ini yang bisa dikaitkan dengan faktor genetik. Hingga sekarang hasil GWAS belum digunakan untuk mempelajari varian genetik pada usia menopouse.

"Studi ini memberi kita pemahaman lebih baik, mengenai fungsi dari varian genetik yang berhubungan dengan menopause dini. Suatu hari, kita pasti bisa melindungi wanita yang punya masalah kehamilan, karena mereka memiliki satu atau lebih varian yang mungkin berhubungan dengan sub-fertilitas mereka", ujar M Stolk.

 

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.