Dengan TV 3D Organ Bisa Disentuh | ethicaldigest

Dengan TV 3D Organ Bisa Disentuh

Pernah membayangkan seandainya Anda bisa menyentuh benda atau orang yang tampak di pesawa televisi? Beberapa tahun lagi, hal itu mungkin dapat terwujud. Microsoft Research sedang mengembangkan robot yang memungkinkan seseorang untuk merasakan interaksi nyata, melalui televisi layar sentuh. Berbeda dengan televisi pintar sebelumnya yang bisa berinteraksi dengan gerakan jari yang rumit, televisi ini menginstal layar pada sebuah robot. Robot lalu mensimulasi interaksi dengan apa yang terlihat di layar.

Misalnya, saat layar menunjukkan gambar balon, anda akan dapat merasakan kekenyalan dan tekstur dari balon hanya dengan menyentuh layar. Rasa yang berbeda akan dirasakan, jika layar menunjukkan gambar balok kayu, atau gambaran CT Scan kepala, misalnya. Ini dimungkinkan dengan resistensi yang ditimbulkan robot, dengan gerakan maju mundur. Melalui gerakan sederhana, alat ini bahkan memungkinkan Anda merasakan bentuk objek, seperti bulat atau kotak.

Mulanya, televisi robot ini dirancang untuk membantu orang dengan gangguan penglihatan, agar dapat menyentuh dan merasakan objek yang sedang ditayangkan di televisi. Televisi akan menyampaikan tekanan pada lima buah titik pada tiap jari, sehingga akan didapatkan gambaran yang lebih akurat.

Alat canggih ini masih merupakan riset tahap pertama dari Microsoft. Mereka menyatakan belum ada rencana khusus dalam waktu dekat. Dalam demonya, Microsoft menggambarkan pembacaan hasil scan MRI secara interaktif, dalam bentuk tiga dimensi. Dikatakan, dengan menyentuh gambar, dokter dapat merasakan tekstur tulang, otak, bahkan pembuluh darah layaknya menyentuh otak secara langsung.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.