Bra Pintar Deteksi Sel Kanker | ethicaldigest

Bra Pintar Deteksi Sel Kanker

 

Bulan Breast Cancer Awareness Oktober lalu telah lewat. Namun pendeteksian dan penanganan  kanker payudara masih terus berlanjut. Di antaranya melalui teknologi baru. First Warning System, Inc. mengembangkan alat berbentuk seperti sport bra, yang memiliki kegunaan lain. Selain menyokong payudara, alat ini bermanfaat dalam mendeteksi tumor.

Bra ini memiliki sensor yang dapat mendeteksi aktivitas angiogenik, dengan mengukur perubahan temperatur sel, yang terjadi seiring dengan pertumbuhan sel pembuluh darah akibat perkembangan tumor. Alat ini dilengkapi dengan aplikasi software untuk mengenali pola, kronologi, disertai intelegensi buatan untuk mencari perubahan pada jaringan payudara, yang mengindikasikan adanya tumor.

First Warning System, Inc. Menyatakan, sistem ini lebih sensitif dan lebih cost effective dibanding mammografi. Alat ini dapat diaplikasikan baik oleh dokter kebidanan/kandungan dan pada praktek umum. Atau secara individu, untuk membantu pemeriksaan payudara mandiri secara rutin.

Pada tiga studi preliminary terhadap lebih dari 650 wanita, alat ini terbukti memiliki tingkat akurasi rata-rata 92,1% (klasifikasi yang tepat), sensitivitas 94,7% (kasus dengan positif sejati), dan spesifisitas rata-rata (kasus negatif sejati). Sebagai perbandingan, spesifisitas dan sensitivitas mammogram yang merupakan baku emas adalah sekitar 70%. Sedangkan akurasi interpretasinya sangat bergantung pada keahlian dan kemampuan radiologis, dalam membaca hasil mammogram.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.