Bahaya Kerja Shift Malam Bagi Wanita | ethicaldigest

Bahaya Kerja Shift Malam Bagi Wanita

Anda suka bekerja dalam shift malam? Sebuah meta-analisis data internasional mengonfirmasikan hubungan positif, antara kerja shift malam jangka panjang dan peningkatan risiko kanker secara keseluruhan pada wanital; terutama kanker payudara.

Di Amerika Utara dan Eropa, bekerja shift malam dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 32% secara keseluruhan (rasio odds [OR], 1,316). Risiko lebih tinggi pada kelompok tertentu. Perawat shift malam ditemukan memiliki peningkatan risiko 58% (OR, 1,577) untuk kanker payudara.

Risiko kanker payudara juga meningkat secara dosis-respons, konsisten dengan penelitian sebelumnya. Untuk setiap 5 tahun seorang wanita menghabiskan malam kerja, risiko kanker payudara meningkat 3,3% (OR, 1,033). Kajian tersebut dipublikasikan secara online pada 8 Januari 2018 di Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention.

Penelitian ini dipimpin Xuelei Ma, PhD, dari Pusat Pengobatan China Barat di Universitas Sichuan, Chengdu. "Dengan mengintegrasikan secara sistematis sejumlah data sebelumnya, kami menemukan bahwa kerja shift malam dikaitkan secara positif dengan beberapa kanker yang umum terjadi pada wanita," kata Dr. Ma.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mekanisme di balik hubungan ini dan untuk lebih melindungi perempuan yang bekerja shift malam, melawan peningkatan risiko kanker,” kata Dr. Ma kepada Medscape Medical News.

Pekerja shift malam jangka panjang harus menjalani pemeriksaan fisik dan skrining kanker secara teratur."Pekerja shift malam jangka panjang harus menjalani pemeriksaan fisik rutin dan pemeriksaan kanker,” katanya.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.