dr. Nenden S. Prabu, Sp.KK | ethicaldigest

dr. Nenden S. Prabu, Sp.KK

“Saya menjadi dokter spesialis kulit karena nenek menderita psoriasis, sehingga tidak mau keluar rumah,”  ujar dr. Nenden S. Prabu, Sp.KK. Ditambah lagi, ia tidak tahan melihat tekanan pekerjaan kakak-kakaknya yang spesialis jantung, spesialis Obgyn dan spesialis penyakit dalam. Mereka harus siap kapan pun pasien membutuhkan pertolongan.

Menjelang lulus spesialis kulit, sebagai chief resident ia sering memfotokopi makalah dokter yang baru pulang dari luar negeri. Sekali waktu, cici tempatnya memfotokopi mengeluh, malas berobat ke dokter kulit di rumah sakit. Kata dokter, ia tidak boleh pakai kosmetik karena sedang pengobatan jerawat. Si cici lalu berobat ke dr. Ronny Handoko (pendiri Erha 21), yang memberi bedak dengan kandungan obat. “Kosmetik plus obat; bagus sekali. Itu inovasi baru. Dari Bandung saya berangkat ke Jakarta untuk berguru ke dr. Ronny.”

Mempelajari kosmetik lantas menjadi motivasinya. Apalagi, saat SMA ia sempat menjadi peragawati. “Saya senang dandan. Saya pikir, orang-orang di lingkungan itu pasti ingin penampilannya selalu OK.”

ia mendalami anti aging. Untuk disertasi S3 di FK Udayana, Bali, ia meneliti manfaat estrogen pada krim topikal untuk kecantikan kulit perempuan menopause, karena terinspirasi pengalaman pribadinya. “Usia 48 tahun, saya tidak menstruasi selama 6 bulan. Teorinya, menopause usia 50. Mungkin saya stres dan capek, jadi siklus haid terganggu.”

Ketika dicek, kadar estrogennya sangat rendah. Ia gunakan krim estrogen topikal dari luar negeri. Siklus haidnya kembali teratur. Hingga saat ini, belum ada krim estrogen topikal di pasaran Indonesia.

Krim yang sedang diteliti, diekstrak dari daun kemangi; ditujukan khusus untuk perempuan menopause agar kulit tidak keriput. Krim dioleskan di tangan, agar tidak ‘bertubrukan’ dengan sunblock dan/atau krim malam di wajah. Kemangi? “Kandungan fitoestrogennya bagus, dan mudah ditemukan di Indonesia. Menurut informasi dari ITB, hasil ekstraknya bagus dibanding bahan lain.” (nid)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.