dr. Errawan R. Wiradisuria, SpBD | ethicaldigest

dr. Errawan R. Wiradisuria, SpBD

“Saya mulai menggemari motor gede tahun 2004,” jelas dr. Errawan R. Wiradisuria, SpBD, di sela Symposium & Life Surgery Hernia Repair Update (Lichtenstein & TAPP) Using Histoacryl for Fixation di RS Gading Pluit, Jakarta. Dokter  berbadan tegap ini tidak memiliki koleksi motor gede (moge), tapi selalu menggantinya dengan model baru setidaknya setahun sekali.

“Moge lama saya tukar dengan yang baru. Istilahnya upgrade,” jelasnya. Mogenya Harley Davidson (HD). Pakar bedah digestive ini masuk beberapa klub motor, di antaranya Med.Docs (medical doctors), di mana ia menjabat Presiden Med.Docs Indonesia. Med.Docs berdiri September 2008 dan baru diresmikan Februari 2009. Tahun ini adalah ulang tahun ke-5. Anggota Med.Docs sekitar 60 orang. Ada spesialis orthopedic, bedah digestive, mata, penyakit dalam, bedah plastik, bedah jantung, dan lain-lain. Sepeda motor mereka berkapasitas silider minimum 500 cc.

 Motor anggota tisek harus Harley Davidson. Tapi, anggota 90% klub pengguna HD. Ia tertarik motor gede, karena menurutnya macho dan suaranya keren. Persahabatan di antara sesama pencinta motor gede sangat tinggi. Di Jakarta, penggegar HD lebih 2000, belum moge merk lain.

Saat touring, “Meski beda group kalau ketemu kami kenalan, ngobrol, bahkan jalan bareng.” Di luar negeri, kondisinya agak berbeda. Sifat individualisme sangat tinggi, tiap klub jalan sendiri-sendiri. 

Touring ke Aceh berbarengan waktu solat Jumat. Mereka berhenti di sebuah masjid. Tempat wudlu kurang higienis, masjidnya juga sederhana. Mereka sepakat mengumpulakn uang untuk membuat tempat wudlu yang lebih baik. Anggota Med.Docs yang nonmuslim ikut menyumbang. Kadang mereka singgah ke panti jompo, panti asuhan untuk memberi donasi.

Med.Docs sering mengikuti event local dan International. “Hampir seluruh Jawa, Sumatra, sudah kami lewati. Sebagian Sulawesi, Kalimantan sampai ke Bandar Sri Begawan,” jelasnya. Baru-baru ini mereka kolaborasi touring dengan Harley Davidson yang berulang tahun ke Amerika Serikat, mulai Colorado sampai Chicago. (ant)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.