dr. Asrul Muhadi, SpB | ethicaldigest

dr. Asrul Muhadi, SpB

Bagi dr. Asrul Muhadi, SpB, memberi edukasi kesehatan terutama di bidang bedah, menjadi hal yang menyenangkan. Talk show kesehatan untuk awam dan menjadi pembicara tamu di simposium ilmiah dengan audience dokter, sering ia lakukan. Ia selalu menyelipkan joke, yang membuat peserta tertawa riuh. “Saya suka bercanda. Istilah sekarang mungkin stand-up,” paparnya.

Tujuannya tak blain untuk membaur dengan audience. Ia berharap, candaannya membuat  audience bisa lebih memahami materi presentasi yang disampaikan. Sekaligus untuk mengusir kejenuhan.

Dokter yang praktek di RS Hermina, Jatinegara, ini memilih menjadi dokter bedah, karena menurutnya, “Dari semua bidang kedokteran, bedah paling banyak tantangannya.” Teknologi yang terus maju membuatnya selalu tertantang. Contohnya teknologi Biological Impedance Electrical auto-Measurement (BEIM), untuk mengatasi wasir. Selain cepat dilakukan, dan memberikan hasil yang baik, teknologi ini biayanya ringan sehinga menguntungkan pasien.

Sesekali, di sela kegiatan prakteknya, ia menyepatkan diri bermain futsal, bersama-sama sejawat dokter di rumah sakit tempat ia praktek. Posisi gelandang serang merupakan favoritnya. “Saya main bola  sejak di bangku Sekolah Dasar (SD). Sempat menjadi pemain inti salah satu klub sepak bola di Makasar,” paparnya.

Menurutnya yang menarik dari sepak bola, adalah kebersamaan, selain dibutuhkan kecepatan, teknik yang baik dari setiap pemain. “Tanpa kerjasama yang baik, kemenangan tidak mungkin dicapai dari olahraga ini,” paparnya. Dan, sampai hari ini, dokter Asrul masih menanti event istimewa Pertandingan Bola antar Anggota Persatuan Ahli Bedah Indonesia.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.