dr. Anna Gunawan, SpKK | ethicaldigest

dr. Anna Gunawan, SpKK

Ia sudah tertarik pada bidang kedokteran kulit dan kelamin, sejak masih menjadi mahasiswa fakultas kedokteran umum. “Spesialisasi ini lebih mudah saya pelajari, dibanding spesialisasi lain. Juga, jarang ditemukan kasus emergency di bidang ini,” ujar dr. Anna Gunawan, SpKK.

Ia memilih mendalami bidang spesialisasi kulit dan kelamin di Philipina. “Selain ada kesempatan, Philipina dipilih agar variasi ilmu yang saya dapatkan bisa lebih banyak,” paparnya. Waktu kuliah yang lebih cepat, hanya 3 tahun, juga menjadi bahan pertimbangan untuk kuliah di negara ini. “Di Indonesia, paling nggak 7 semester,” paparnya. Ia merasa tidak masalah saat pulang ke Indonesia untuk mendapatkan gelar dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, harus melakukan persamaan selama 1,5 tahun. Ia cukup menikmati. “Persamaan itu saya ambil di Universitas Indonesia.” 

Alumni Fakultas Kedokteran Umum Atma Jaya ini punya pengalaman menarik di Philipina. “Saya mendapat pasien Steven Johnson Syndrome 100%. Kulit kepala sampai kuku pasien kena semua,” paparnya. Pasien berusia 18 tahun, laki-laki. Karena prognosisnya buruk, pasien akhirnya meninggal.

Sibuk dengan kegiatannya sebagai dokter, Anna berusaha menjadi ibu yang baik untuk anaknya. “Kebetulan suami saya dokter. Kami harus pinter-pinter cari waktu untuk keluarga. Kalau dua-duanya sibuk, kasihan anak.” 

Dokter yang hobi travelling ini terkesan dengan keindahan alam dan budaya Vietnam. “Di antara beberapa negara Asia yang pernah saya kunjungi, saya suka keindahan alam Vietnam, seperti saya suka indahnya alam Indonesia.”

Ia menjaga tubuh agar tetap fit dengan menjaga pola makan dan melakukan aktivitas fisik. “Buah dan sayur menjadi prioritas makanan saya. Daging merah saya kurangi,” jelasnya. Karena suka jogging, dan untuk menjaga kesehatan kulit, ia selalu menggunakan sun block.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.