dr ade tobing SpKO | ethicaldigest

dr ade tobing SpKO

Maaf. Saya lebih senang berdiri,” papar dr. Ade Tobing, SpKO, saat menjadi pembicara dalam konferensi pers. Dokter dengan nama lengkap Ade Jeanne Domina L. Tobing ini ingin menyatakan tentang pentingnya bergerak.

Kini banyak penggemar perilaku tidak aktif (sedentari). Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, 60% penyebab kematian akibat penyakit tidak menular; sebagian besar karena mager (malas gerak).

“Makin canggih sistem, makin banyak tombol, makin sedentari masyarakatnya. Jaman dulu, waktu saya SD, masih pakai dua TV; satu TVRI satu TV swasta. Kalau mau hidupin TV, dari duduk harus berdiri,” paparnya dalam peluncuran Kampanye Anlene ‘Ayo Indonesia Bergerak’, beberapa waktu lalu. “Sekarang masyarakat kurang aktif bergerak, tapi aktif mengunyah, hahaha.” 

Ada tesis yang disusun dalam PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) untuk Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga FKUI,  tentang aktivitas fisik pada anak SMA dan mahasiswa. “Lamanya menggunakan perangkat monitor, seperti TV, komputer, video game dan lainnya, dipopulasi SMA dan mahasiswa,  tinggi sekali.”

Terbukti, ada hubungan antara smart phone, aktivitas fisik dan kebugaran jantung. Makin sering mengaktifkan smart phone, semakin kurang gerak dan kebugaran jantung menurun. Rata-rata orang menghabiskan 5 jam untuk duduk. Karena dilakukan dari awal, sejak remaja bahkan anak-anak, muncul penyakit degeneratif kronis.

Dulu, saat ia menyelesaikan pendidikan dokter dan bertugas di Kalimantan Timur, banyak ditemui penyakit infeksi, seperti TB, tetanus dan polio. Belakangan, beban ganda Negara sudah terjadi dengan kian banyaknya penyakit tidak menular.

“Ketika saya datang, hipertensi tidak terlalu banyak di sana. Saat mau pulang ke Jakarta, sudah banyak terjadi. Itu membuat pasien harus terus minum obat. Kalau TB, minum obat 6 bulan selesai kalau pasien mengikuti aturan.”  

Dokter yang gesit ini menyarankan untuk memanfaatkan teknologi informasi, sebagai alat pengingat agar kita terus aktif. Gunakan hand phone untuk mengukur langkah; 5000 langkah /hari atau kurang, berarti kurang gerak. Disebut aktif jika 10.000 langkah /hari.

“Saya suka jalan. Karena naik kereta api, bisa 32.000 langkah sehari. Apalagi kalau mau ketinggalan kereta, harus lari.” (jie)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.