Vaksin Hepatitis Cegah Kejadian Diabetes | ethicaldigest

Vaksin Hepatitis Cegah Kejadian Diabetes

Sebuah riset baru-baru ini mendukung hipotesis bahwa vaksinasi hepatitis B, dapat mencegah berkembangnya diabetes; setidaknya pada kalangan tertentu. Riset ini melibatkan 7000 peserta non diabetik dari studi NHANES tahun 2005 hingga 2010. Sebanyak 1400 orang pernah mendapat vaksinasi hepatitis B. Risiko terjadinya diabetes pada orang-orang ini menurun hingga 52%, dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapat vaksinasi.

Angka yang fantastis ini dilaporkan Horng-Yih Ou, MD, dari City of Hope National Medical Center, Duarte, California, AS, pada sesi poster dalam Pertemuan Ilmiah 2014 American Diabetes Association. Dalam kesempatan tersebut dipaparkan bahwa dengan pemberian vaksin secara efektif, ada kemungkinan kita dapat menurunkan peluang terjadinya diabetes, sedikitnya 50%. Salah seorang penulis utama studi, dr. Ken Chiu, menyatakan bahwa teori ini memang kontroversial, tetapi dapat dibuktikan dengan mudah. Mereka akan menyelidiki kemungkinan ini melalui penelitian lebih lanjut.

Dr. Chiu menjelaskan, infeksi diketahui berdampak terhadap patogenesis terjadinya diabetes. Ia memperhatikan, ada hubungan antara diabetes dan hepatitis C. Resistensi insulin yang berkaitan dengan infeksi hepatitis C, juga diketahui berperan terhadap terjadinya diabetes. Keberadaan virus hepatitis C dalam sel beta pankreas, berhubungan dengan perubahan morfologi dan disfungsi sel beta. Meski demikian, hingga saat ini belum ada laporan mengenai hubungan antara diabetes dan infeksi hepatitis B.

Dalam studinya, dr. Chiu menggunakan data glukosa darah puasa pada partisipan dewasa. Untuk menentukan bahwa partisipan sudah divaksinasi, mereka mencari partisipan dengan antibodi permukaan hepatitis B positif, tetapi antibody core-nya negatif. Dengan demikian, partisipan diketahui mendapat antibodi melalui vaksinasi, bukan karena infeksi.

Berdasarkan hasil studi ini, muncul harapan baru dalam pencegahan terjadinya diabetes. “Sepengetahuan kami, studi ini adalah studi pertama yang melaporkan bahwa vaksinasi hepatitis B dapat menurunkan risiko diabetes pada berbagai kelompok ras/etnik,” ujar dr. Ou. (eva)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.