Trulicity® Obat Diabetes Baru | ethicaldigest

Trulicity® Obat Diabetes Baru

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyetujui obat baru untuk diabetes tipe 2, dengan nama dagang Trulicity®, September 2014. Trulicity® merupakan kelas obat diabetes yang diberikan dalam bentuk injeksi 1x seminggu, untuk mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dewasa.

“Trulicity® merupakan pilihan pengobatan yang dapat diberikan sendiri, atau ditambahkan ke rejimen pengobatan yang ada untuk mengontrol gula darah diabetes tipe 2,” jelas dr. Mary Parks, Wakil Direktur FDA.

Saat ini, sekitar 26 juta warga Amerika Serikat terkena diabetes mellitus tipe 2. Selain ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi, penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi serius termasuk penyakit jantung, masalah penglihatan dan saraf serta gagal ginjal.

Trulicity® dengan nama generic dulaglutide, merupakan golongan glucagon like peptide-1 (GLP)-1 reseptor agonis. Pada setidaknya 6 uji klinis yang dilakukan mencakup sekitar 3500 orang dengan diabetes tipe 2, obat ini dievaluasi secara tunggal atau kombinasi dengan obat diabetes lain termasuk metformin, dan insulin.

Hasil penelitian menunjukan, mereka yang mendapat suntikan Trulicity® 1x seminggu  menunjukkan perbaikan kadar gula darah jangka panjang. Efek samping yang paling umum ditemui adalah mual, diare, sakit perut, dan penurunan nafsu makan.

Pada label Trulicity® terdapat peringatan bahwa penggunaan GLP-1 agonist reseptor dikaitkan dengan kejadian tumor tiroid, pada hewan coba. FDA menyatakan bahwa Trulicity® tidak boleh diresepkan pada pasien dengan riwayat pribadi atau keluarga dengan kanker tiroid, juga penderita neoplasia endocrine syndrome tipe 2.

Obat produksi Eli Lilly ini tidak diberikan pada penderita diabetes tipe 1, atau mereka dengan gangguan sistim pencernaan. Masih perlu studi lebih lanjut termasuk post-marketing studi, untuk mengevaluasi manfaat obat ini. (eva)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.