Teknologi Baru Cegah Flu Burung | ethicaldigest

Teknologi Baru Cegah Flu Burung

Beberapa kali dunia dibuat panik oleh penyakit flu. Ketika flu burung menyebar di berbagai negara, ratusan orang meninggal. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan peringatan mengenai wabah penyakit ini. Departemen Kesehatan Republik Indonesia juga melakukan berbagai tindakan pencegahan dan pengadaan obat secara besar-besaran.

Kini, penyakit yang menular melalui udara, seperti flu burung, bisa lebih mudah dicegah berkat pemurni udara dari SANYO. Perusahaan ini berhasil mengembangkan virus washer, yang berfungsi menekan virus-virus yang menular lewat udara menggunakan air yang terelektrolisasi. Alat ini mampu membersihkan udara, membuatnya menjadi lebih segar dan bersih.

Hydoxyl radical dan hypochlorius acid yang terkandung dalam air yang terelektrolisasi bekerja bersamaan menghancurkan permukaan protein virus. Hal ini memungkinkan terjadinya pembungkusan, pembasmian hama dan penghilangan bau dari virus, bakteri dan jamur, serta pollen, debu tungau dan molekul bau.  

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji alat ini. Antara lain dilakukan di Kitasato Institute Medical Center Hospital, Jepang, 2006. Penelitian dilakukan pada anjing menggunakan virus influenza A, strain PR8. Ketika pengujian dilakukan pada virus influenza A yang memiliki ukuran 1/50 dari bakteri biasa, kemampuan infeksi virus menurun bersamaan dengan lamanya penggunaan alat ini. Efek ini menjadi lebih signifikan, ketika alat ini digunakan selama 30 menit atau lebih. 

Saat menggunakan ultrapure water, kemampuan infeksi virus juga menurun bersamaan dengan lamanya penggunaan alat. Perubahan terjadi lebih gradual, ketika yang digunakan air keran. Menurut para peneliti, penurunan kemampuan virus, diperkirakan akibat pengendapan alamiah dari virus yang disebabkan kelembaban tenda, di mana pengujian dilakukan.

Hasil penelitian ini menunjukkan, penurunanan kemampuan infeksi virus sebesar 94% atau lebih ketika alat ini digunakan selama 30 menit atau lebih. Ketika alat digunakan selama 50 menit atau lebih, dan dengan mempertimbangkan proses pengendapan alamiah virus, penurunan kemampuan infeksi virus mencapai 98% atau lebih.

Alat ini bekerja otomatis membersihkan udara di dalam ruangan dari penyebab polusi, seperti debu, zat warna, bau, bakteri, spora jamur, pollen dan virus. Termasuk virus flu burung. Alat ini terdiri dari 4 lapis penyaring. Lapisan pertama menghilangkan partikel besar. Lapisan kedua menyaring allergen dan bekerja sebagai desinfektan. Lapisan ketiga menghilangkan 99,9% partikel halus berukuran sampai 0,3 mikron. Yang keempat adalah lapisan karbon berukuran nano, yang berfungsi menghilangkan bau.    

Alat ini tepat digunakan untuk menyaring udara di ruang periksa, ruang operasi, ruang tunggu dan ruang perawatan. Juga, tepat digunakan di ruang tidur, ruang keluarga, ruang makan, dapur dan ruang lain di mana aktivitas keluarga berlangsung.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.