Galectin-1 Inhibitor, Terapi Kanker Pankreas | ethicaldigest

Galectin-1 Inhibitor, Terapi Kanker Pankreas

Kanker pankreas merupakan jenis tumor dengan prognosis yang buruk, terutama karena jenis kanker ini sering terlambat didiagnosis dan karena efikasi strategi pengobatan yang ada saat ini masih sangat rendah.

Belum lama ini, para peneliti dari Spanyol melakukan studi mengenai kanker pankreas pada hewan coba tikus. Mereka berhasil menemukan terapi target yang potensial untuk mengatasi kasus kanker pankreas. Dengan penghambatan terhadap protein tertentu, para peneliti mampu meningkatkan angka kesintasan tikus-tikus tersebut, tulis peneliti dalam “Cancer Research”.

Peneliti menuliskan, enzim galectin-1 tidak ditemukan di pankreas orang yang sehat, tetapi ditemukan dalam kadar tinggi di dalam tumor. Sebelumnya, dalam penelitian lain menemukan bahwa terdapat indikasi atau keterkaitan antara progresivitas tumor dengan penyakit lain. Tim dari Rumah Sakit Del Mar Medical Research Institute (IMIM), Barcelona, belum lama ini melakukan penelitian mengenai peran galectin-1 terhadap terjadinya kanker pankreas.

Hasil studi ini menunjukan, penghambatan terhadap galectin-1 akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan area di sekitar tumor, yang disebut stroma. "Kami juga mengamati bahwa penghapusan galectin-1 pada tikus, tidak menimbulkan dampak berbahaya. Sekaligus menunjukkan bahwa hal ini dapat menjadi sasaran terapi yang aman pada kanker pankreas tanpa efek samping," jelas Neus Martinez, Ketua Peneliti.

Para peneliti menganalisis sampel tumor pada tikus yang kadar enzim galectin-1nya tinggi, sebelum dan sesudah enzim galectin-1 dihapus. Tanpa adanya enzim galectin-1, ternyata proliferasi dan peradangan tumor selain menurun, kekebalan tubuh penderita meningkat.

Dengan terapi ini, agresivitas tumor  berkurang sehingga tingkat kelangsungan hidup hewan coba tikus meningkat sebesar 20 persen. Studi praklinis ini menunjukkan alternatif pengobatan baru kanker pankreas. Diharapkan dapat diteliti lebih lanjut, untuk mendapat pengobatan kanker pankreas yang lebih baik dan efektif di masa yang akan datang. (eva)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.