Vaksin Pencegah Otitis Media Akut | ethicaldigest

Vaksin Pencegah Otitis Media Akut

Vaksin dapat digunakan untuk mencegah anak menderita OMA. Secara teori, vaksin terbaik adalah yang menawarkan imunitas terhadap semua patogen berbeda, yang menyebabkan OMA. Walaupun vaksin polisakarida mengandung jumlah serotipe yang relatif besar, preparat poliksakarida tidak menginduksi imunitas seluler yang bertahan lama pada anak dibawah 2 tahun. Karena itu, strategi vaksin terkini untuk mengontrol OMA adalah konjungat polisakarida peneumokokal dengan protein nonpneumokokal imunogenik, pendekatan yang dapat memicu respon imun yang kuat dan lama pada bayi.

Vaksin pneumokokus konjugat yang disetujui Food and Drug Administration (FDA) dapat menginduksi respon imun lama terhadap Pneumococcus serotipe 4, 6B, 9V, 14, 18C, 19F, dan 23F (PCV-7). Serotipe ini dipilih berdasarkan frekuensinya yang sering ditemukan pada penyakit pneumokokus invasif dan hubungannya dengan organisme yang mutltidrugresistant.

Penelitian di Amerika yang melibatkan 500 pasien dengan OMA menunjukkan, 84% dari total pneumokokus dan 95% serotipe yang resisten antibiotic yang diisolasi dari aspirasi telinga tengah, merupakan kandungan dari vaksin konyugat. Dosis primer pemberian vaksin adalah 4 dosis tunggal 0,5 ml intramuskular. Selama pemberian 23 juta dosis vaksin di AS, reaksi lokal dan demam merupakan efek samping umum.

Rekomendasi imunisasi universal pada anak dibawah usia 2 tahun adalah 4 dosis vaksin intramuscular, diberikan pada usia 2, 4, 6, dan terakhir pada usia 12-15 bulan. Vaksin dini dapat diberikan bersamaan dengan imunisasi rutin.

American Academy of Pediatrics (AAP) dan Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) merekomendasikan penggunaan vaksin 23 valen polisakarida pada anak risiko tinggi, untuk memperluas cakupan serotipe. Vaksinasi selektif pada anak usia 2-5 tahun yang tidak punya daya tahan, dianjurkan pada pasien dengan risiko tinggi menderita penyakit invasif pneumokokus, termasuk penyakit sel sabit, HIV, dan penyakit kronik lainnya.

Vaksin pneumokokus konjugat sebaiknya dimasukkan dalam strategi penatalaksanaan anak usia 2-5 tahun, yang menderita OMA rekuren. Anak memperoleh manfaat dari imunisasi dengan vaksin 23-valen polisakarida, setelah 8 minggu menyelesaikan paket vaksin konyugat pneumokokal.

BACA JUGA TERAPI SIMPTOMATIS OTITIS MEDIA AKUT

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.