Pengaruh Ascaris Lumbricoides pada Kesehatan Anak | ethicaldigest

Pengaruh Ascaris Lumbricoides pada Kesehatan Anak

Cacingan berpengaruh pada kesehatan anak. Ada berapa jenis cacing yang bisa menginfeksi anak, antaranya adalah ascaris lumbricoides. Cacing Ascaris lumbricoides dewasa berbentuk bulat dan besar, panjangnya dapat mencapai 15 - 30 cm. Sehingga, akan menempati ruang yang luas dalam rongga usus.

Anak yang terinfeksi cacing gelang dengan jumlah 300 ekor, tidak akan merasa lapar. Keadaan ini tentunya akan mengurangi masukan makanan bagi anak. Jumlah cacing yang banyak sangat berhubungan dengan terjadinya malnutrisi, defisit pertumbuhan dan gangguan kebugaran fisik, disamping itu massa cacing itu sendiri dapat menyebabkan obstruksi.

Cacing ini dapat hidup dalam tubuh selama 12-18 bulan, dan memenuhi kebutuhan hiduapnya dengan mengambil makanan terutama karbohidrat dan protein. Seekor cacing akan mengambil karbohidrat 0.14 gram dan protein 0.035 gram sehari.

Adanya Ascaris lumbricoides di usus halus, dapat menyebabkan kelainan mukosa usus, berupa proses peradangan pada dinding usus, pelebaran dan memendeknya villi, bertambah panjangnya kripta, menurunnya rasio villus kripta dan infiltrasi sel bulat ke lamina propria. Hal ini berakibat pada gangguan absorpsi  makanan. Sebagian kelainan ini dapat kembali normal, bila cacing dikeluarkan.

Efek langsung akibat kelainan mukosa usus halus adalah meningkatnya nitrogen dalam tinja, steatorhea karena terjadi gangguan absorpsi lemak dan gangguan absorbsi karbohidrat yang diukur dengan xylose test. Akibat lainnya adalah cacing ini menyebabkan hiperperistaltik sehingga menimbulkan diare.

Gangguan absorpsi vitamin A, dapat terjadi pada anak yang menderita askariasis. Kekurangan vitamin A dapat menghambat pertumbuhan sel, termasuk sel tulang, dan dapat mengganggu sel yang membentuk email serta dentin pada gigi. Namun sampai dimana vitamin A digunakan dan dihancurkan oleh cacing, masih belum jelas. Dampak klinis defisiensi vitamin tersebut pada penderita askariasis, bisa lebih berat.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.