Jenis Protein Menentukan Perbaikan Sarkopenia | ethicaldigest

Jenis Protein Menentukan Perbaikan Sarkopenia

Tidak hanya jumlahnya harus cukup, jenis protein juga harus diperhatikan. Leucin adalah suatu asam amino (asam amino alfa rantai cabang) yang tidak bisa disintesa oleh binatang. Dari berbagai penelitian terungkap bahwa leucin dapat menstimulasi sintesis protein di otot, sehingga dapat mencegah sarkopenia.

Menurut Prof. Siti, leucin mengandung beta-hydroxyl beta-methylbutirate (HMB). Ia bersama rekan-rekannya telah melakukan semacam tinjauan sistematik untuk melihat efek HMB pada sarkopenia.

Ada 33 paper yang ditinjau. Dari 33 tersebut, ada 25 paper yang tidak relevan dengan penelitian ini dan ada 3 yang tidak dilakukan pada manusia. Ada 2 penelitian mengenai efek HMB pada masa otot, kekuatan otot dan fungsi otot dan 3 penelitian mengenai efek HMB pada komposisi tubuh dan metabolisme protein.

Dua penelitian mengenai efek HMB pada masa dan fungsi otot, berasal dari penelitian Flakoll P dan kawan-kawan dan Fuller JC dan kawan-kawan. Penelitian Flakoll dilakukan pada wanita berusia lanjut, yang diberi 2 gram HMB, 5 gram arginin dan 1,5 gram lysin selama 12 minggu.

Setelah 12 minggu, ada perbaikan 17% pada hasil uji fungsional get up and go pada kelompok penelitian, tapi tidak ada perubahan pada kelompok plasebo. Perbaikan fungsional juga ditunjukkan dengan peningkatan lingkar limb, kekuatan kaki dan kekuatan genggaman tangan. Penelitian ini juga memperlihatkan adanya trend positif pada masa bebas lemak.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kombinasi protein HMB, lysin dan arginin dapat meningkatkan masa dan fungsi otot. Masing-masing punya peran dalam memperbaiki sintesis protein atau pemecahan protein. Namun, karena penelitian ini adalah penelitian acak terkontrol, yang biasanya dilakukan dalam jangka pendek, diperlukan penelitian lebih jauh untuk memastikan efek individu setiap komponen.

Kreatin

Kreatin banyak ditemukan pada beef dan daging, dan dilaporkan bahwa suplementasi kreatin efektif meningkatkan kekuatan otot pada lansia. Banyak penelitian menunjukkan manfaat keratin pada otot, yaitu dapat meningkatkan resistensi pada fatigue, meningkatkan resistensi terhadap fatigue, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan fat free mass dan meningkatkan performa aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUMLAH PROTEIN YANG TEPAT UNTUK LANSIA

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.