Vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135 | ethicaldigest

Vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135

Vaksin ini dikembangkan oleh Novartis Vaccines. Vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135 (Meningococcal Grup A, C, W-135 dan Y-Conjugate Vaccine) merupakan vaksin konjugat kuadrivalen pertama, yang dapat diperoleh secara komersial di negara - negara Uni Eropa, Wilayah Ekonomi Eropa, juga di Indonesia, guna membantu melindungi empat dan kelima grup utama bakteria meningokokus. Mulai Januari 2011, vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135 telah dilisensi di Argentina. Australia, Kanada, Chili, Uni Eropa, Indonesia, Iran, Malaysia, Pakistan, India, Arab Saudi, Peru, Singapura, Suriah dan Amerika Serikat.

Mayoritas dari semua kasus penyakit meningokokus di dunia, dapat disebabkan oleh kelima grup utama dari bakteri yang menyebabkan penyakit meningokokus, yaitu Neisseria meningitidis. Insiden dari masing-masing grup bisa berubah, maka adalah tidak mungkin untuk menentukan grup-grup yang akan mengakibatkan mayoritas dan kasus-kasus penyakit dari tahun ke tahun. Salah satu dari cara-cara paling efektif untuk mencegah penyakit meningokokus adalah melalui pemberian vaksin, yang menawarkan perlindungan terhadap sebanyak mungkin grup bakteri meningokokus.

Vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135 telah dikembangkan berdasarkan vaksin konjugat meningococcal grup C (MenC), yang diproduksi untuk mengendalikan menjangkitnya penyakit MenC di negara-negara seperti Inggris (UK) dan Kanada. Hingga hari ini, Iebih dari 45 juta dosis vaksin konjugat Novartis MenC sudah didistribusikan ke seluruh dunia, untuk digunakan pada orang-orang dari segala usia, mulai  anak-anak sampai orang dewasa.

Kemanjuran Vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135, disimpulkan berdasarkan  studi-studi imunogenisitas, yang mengukur produksi dari antibodi anti-kapsular serogrup-spesifik dengan aktivitas bakterisidal. Otorisasi pemasaran didapat berdasarkan data suatu uji klinik utama Fase III dan studi non-inferioritas. Dalam studi non-inferioritas. respons imun dinilai di antara para remaja berusia 11-17 tahun. Vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135, ternyata non-inferior terhadap suatu vaksin meningokokus kuadrivalent polisakanida (ACWY-PS) bagi keempat grup meningokokus yang terkandung dalam vaksin, satu bulan pasca-vaksinasi.

Setahun setelah vaksinasi, suatu proporsi yang Iebih tinggi dari para remaja yang mendapat Vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135 tetap mempertahankan respons imum protektif, terhadap tiga dari keempat grup meningokokus (grup C, W-135 dan Y), dengan tingkat yang sebanding yang terlihat pada serogrup A. Lebih lanjut, ketika dilakukan evaluasi pada orang dewasa berusia 56-65 tahun satu bulan pasca-vaksinasi, Vaksin Meningitis Konjugat ACYW-135 ternyata non-inferior terhadap ACWY-PS, dalam ke-empat grup meningokokus yang terkandung dalam vaksin dan secara statistik Iebih superior bagi grup A dan Y.

MENINGITIS DAN PENCEGAHNNYA

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.