Vitamin dan Suplemen | ethicaldigest

Terapi Nutrisi Pasien Rawat

Terapi nutrisi perlu dan berperan penting, untuk membantu proses penyembuhan suatu penyakit. Misalnya pada penyakit degenerative, seperti diabetes mellitus (DM), penyakit jantung dan hipertensi, osteoporosis dan kanker atau tumor, ternyata nutrisi berperan penting dalam proses penyembuhan, menghambat perjalanan penyakit dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Pemberian nutrisi yang baik akan meningkatkan kerja organ tubuh, sehinggga penyakit-penyakit yang disebabkan karena kurang nutrisi, dapat diobati dengan nutrisi yang baik. Nutrisi yang baik mengandung vitamin dan mineral yang lengkap, untuk meningkatkan kemampuan metabolisme sel, serta tinggi protein dan kolagen untuk merangsang proses regenerasi sel. Dengan meningkatkan regenerasi sel dan metabolisme sel, tubuh dapat memperbaiki diri secara alami sehingga penyakit dapat disembuhkan dari dalam.

Vitamin dan Suplemen

Terapi nutrisi untuk pasien rawat inap, bisa berupa vitamin dan suplemen yang memang diperlukan tubuh untuk membantu kesembuhan. Vitamin memiliki fungsi sebagai senyawa, dibutuhkan untuk mengatur fungsi metabolisme dalam tubuh dan perbaikan sel. Sedangkan suplemen adalah makanan pelengkap yang membantu tubuh dalam menyediakan nutrisi, atau komponen-komponen tertentu yang dibutuhkan.

“Pasien membutuhkan semua vitamin supaya metabolisme berjalan baik. Misalnya, vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin B, C, dan D. Jadi, bukan hanya makronutrienya yang kurang, mikronutriennya juga harus diberikan,” ujar dr. Inge Permadi MS, SpGK, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Pemberian vitamin C, bisa berfungsi dalam merangsang regenerasi sel dengan cepat. Vitamin E dapat berfungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang dewasa. Sedangkan kalsium sangat dibutuhkan pasien osteoporosis, untuk meningkatkan kepadatan tulang. Suplemen natural atau alami merupakan suplemen yang mudah diserap oleh tubuh, dan tidak perlu banyak enzim mineral untuk mencernanya. Dalam banyak kasus, suplemen natural jauh lebih efektif dan menyembuhkan dibandingkan sintetis. Suplemen natural adalah hasil ekstraksi langsung dari sumber makanan yang mengandung unsur-unsur zat alami, seperti jaringan tubuh hewan dan garam.

Vitamin dan suplemen penting dikonsumsi pasien, untuk mendukung proses penyembuhan. Kandungan vitamin dan suplemen bisa didapat dari konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Sebuah penelitian pernah dilakukan, tentang perlunya vitamin dan mineral sebagai tambahan. Hasilnya, 1 dari 30 pasien dewasa yang kurang memiliki pola makan sehat, menderita kekurangan vitamin dan mineral; proses penyembuhan juga tidak maksimal.

Yang perlu diingat, konsumsi vitamin dan suplemen harus sesuai dengan dosis yang ditentukan. Perlu dicatat: jangan pernah minum vitamin dan suplemen di atas batas aman. Setiap orang punya kebutuhan vitamin yang berbeda, jadi konsultasi dengan dokter sebelum mengosumsi vitamin atau suplemen.

“Vitamin ada kebutuhannya, seperti makronutrien yang pemberiannya bertahap karena jika berlebih bisa over feeding, dan berakibat buruk pada kondisi tubuh. Pemberian vitamin harus sesuai dengan kebutuhan,” ujar Dr. Fiastuti.

MENILAI STATUS NUTRISI PASIEN RAWAT

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.