Penemu Mesin Pemompa Darah | ethicaldigest

Penemu Mesin Pemompa Darah

Jika tidak ada mesin yang memompa darah selama pembedahan jantung, operasi bypass mustahil dilakukan. Pencipta mesin pemompa darah ternyata dokter yang pertama kali melakukan operasi bypass, Dr. Michael DeBakey. Dokter bedah dari New Orleans, AS, ini menciptakan “roller pump”, alat yang memungkinkan darah tetap mengalir selama pembedahan jantung.

DeBakey berhasil menciptakan alat ini pada usia 23 tahun, sesaat setelah lulus dari Tulane’s School of Medicine. Pompa ini menjadi kunci dalam mewujudkan mimpi dilakukannya pembedahan jantung secara lancar, tanpa takut mengganggu sirkulasi darah.

DeBakey juga memiliki sederet prestasi di bidang kedokteran. Ia orang pertama yang berhasil melakukan endarterektomi karotis, dalam pengobatan stroke (1953) dan bypass arteri koroner (1964) dengan mentrasplantasikan vena yang berasal dari tungkai. Bagi DeBakey sendiri, operasi yang paling mengesankan adalah operasi penanaman ventricular assist device (VAD) pertama di dunia.

DeBakey juga menciptakan jantung buatan Jarvik, bersama Robert Jarvik. Ini jantung buatan pertama yang ditanamkan pada manusia pada tahun 1982. Ia bersama NASA mengembangkan pompa jantung berukuran sangat kecil, sehingga dapat digunakan pada anak-anak. Pada tahun 2006, DeBakey menjalani prosedur pembedahan jantung, prosedur yang dipeloporinya. Ia tutup usia tahun 2008, dua bulan sebelum ulang tahun ke-100, karena sebab alami. (eva)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.