Demam untuk Terapi
Demam_untuk_terapi

Demam untuk Terapi

Di banyak belahan dunia, banyak orang yang rela melakukan hal-hal aneh asalkan bisa sembuh dari penyakitnya. Dan, ada terapi aneh yang menyebabkan seorang dokter mendapat Hadiah Nobel.

Dr. Julius Wagner-Jauregg, bekerja di sebuah klinik psikiatrik, setelah lulus sekolah kedokteran. Ia melakukan penelitian yang disebut piroterapi, yaitu pengobatan penyakit kejiwaan dengan menimbulkan demam secara sengaja pada pasien.

Untuk menimbulkan demam, Julius sengaja memasukkan parasit malaria kepada pasien demensia paralitik, yang disebabkan oleh neursifilis. Alasannya, malaria diharapkan dapat menimbulkan demam tinggi yang sangat lama. Meski kontroversial, tindakan ini dianggap dapat diterima, mengingat penyakit sifilis lebih fatal dibanding malaria, yang sudah ada obatnya.

Hasilnya, setelah pasien diberi obat malaria, 30-40% pasien menunjukkan perbaikan gejala-gejala sifilis. Saat itu, terapi ini adalah terapi sifilis yang paling efektif, meski mengorbankan 15% pasien. Berkat penelitian ini, Julius diganjar Hadiah Nobel. Tak lama kemudian, penicillin ditemukan sehingga hasil penelitiannya tidak lagi digunakan.

Selain piroterapi, ada beberapa terapi kontroversial lain yang dicetuskan dr. Julius. Di antaranya, terapi hormon tiroid serta ovarium pada pasien psikosis remaja yang mengalami keterlambatan pubertas. Ia mengatakan bahwa masturbasi secara berlebihan dapat memperbaiki gangguan skizofrenia. Ia juga menemukan bahwa kekurangan yodium dapat menyebabkan gangguan tiroid, dan dapat diatasi dengan pemberian yodium. (eva)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.