Orkambi Obat Baru untuk Cystic Fibrosis | ethicaldigest

Orkambi Obat Baru untuk Cystic Fibrosis

Obat baru untuk cystic fibrosis telah mendapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Obat ini diberi nama Orkambi, merupakan golongan obat untuk penyakit cystic fibrosis kedua yang dikeluarkan Vertex Pharmaceutical, perusahaan bioteknologi di Boston, AS.

Orkambi merupakan kombinasi antara ivacaftor dan lumacaftor, diindikasikan pada pasien cystic fibrosis berusia >12 tahun dengan mutasi gen F508del. Obat ini tidak boleh dikonsumsi bersama-sama  beberapa obat, seperti antibiotik rifampisin, obat kejang fernobarbital, carbamazepin, dan beberapa obat lain. Belum ada penelitian lebih lanjut menganai penggunaan orkambi pada wanita hamil dan menyusui.

Penggunaan orkambi disarankan bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung lemak, seperti mentega, keju, pizza, susu, yougurt dan keju. Jika pasein lupa mengonsumsi obat ini lebih dari 6 jam dari waktu biasanya, lewati dosis tersebut, kemudian ambil dosis berikutnya pada jam biasanya mengonsumsi obat ini. Tidak disarankan mengambil dua dosis obat sekaligus, dalam waktu bersamaan.

Pasien yang sudah mengonsumi obat ini, tidak dianjurkan mengemudi kendaraan bermotor, mengoperasikan mesin dan sebagainya, karena kemungkinan efek samping yang dapat muncul dari  obat ini seperti rasa pusing. (eva)

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.