Wawancara | ethicaldigest - Semijurnal Farmasi & Kedokteran

Selama satu abad, pengobatan kanker dengan imunoterapi mengalami banyak kegagalan. Ditemukan bahwa kanker dapat membentuk selubung, sehingga meski sel imun mengenalinya sebagai sel abnormal, tapi tidak bisa menyerang.

Strategi pengobatan diabetes akan mengalami perubahan, seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan ditemukannya obat-obatan baru yang lebih efektif mengatasi masalah utama diabetes.

Prevalensi kanker kolorektal meningkat di Asia. Saat ini tercatat sebagai keganasan ketiga yang paling sering terjadi pada pria mau pun wanita. Pengobatan baru untuk kanker kolorektal terus bermunculan. “Penting bagi kita, untuk menemukan bahan yang bersifat antiproliteratif pada sel kanker kolorektal,” ujar Dr. dr. Lili Indrawati, MKes.

Prevalensi kanker ovarium tidak setinggi kanker payudara atau serviks pada perempuan, tetapi mortalitas dan rekurensinya sangat tinggi.Umumnya pasien datang dengan stadium lanjut sehingga kemungkinan hidupnya rendah. Pada stasium 3, rerata pasien kambuh dalam waktu 3 tahun.

Teknologi kesehatan terus berkembang, di antaranya dengan memanfaatkan radiasi sinar gamma untuk sterilisasi dan pengawetan bahan pangan / obat. Teknologi ini disebut iradiasi, yang  sudah lebih dari 30 tahun diakui keamanannya.

Pages