Laporan Khusus | ethicaldigest - Semijurnal Farmasi & Kedokteran

Ada berbagai metode bedah dan medis dalam penatalaksanaan abortus spontan. Di antaranya dilatasi serviks, diikuti evakuasi uterus yang meliputi kuretase dan aspirasi vakum. Hal terpenting pada penatalaksanaan abortus spontan adalah memperbaiki keadaan umum pasien.

Abortus spontan adalah abortus yang terjadi tanpa tindakan mekanis atau medis, umumnya  tanpa intervensi dari luar. Penyebab terbanyak faktor genetik, kelainan kongenital uterus, penyakit autoimun, defek fase luteal, infeksi, hematologik dan lingkungan.

Disfungsi ereksi dipengaruhi faktor libido, ejakulasi, fungsi ereksi dan kombinasi dari berbagai faktor ini. Penurunan libido disebabkan faktor organik dan psikologis, penurunan kadar testosteron atau peningkatan kadar prolaktin.

Modifikasi gaya hidup yang lebih baik, umumnya direkomendasikan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan fungsi seksual pada laki-laki, termasuk latihan fisik, perbaikan gizi, mengontrol berat badan dan berhenti merokok.

Keriput muncul karena kandungan kolagen di kulit berkurang. Kolagen dapat dimasukkan ke tempat yang keriput melalui suntikan oleh dokter yang terlatih.

Pages