Laporan Khusus | ethicaldigest - Semijurnal Farmasi & Kedokteran
  • Defisiensi eritropoietin merupakan penyebab utama anemia pada PGK, selain defisiensi besi dan kehilangan darah kronik. Perlu anamnesa yang tepat, untuk menentukan terapi apa yang akan diberikan kepada pasien.

Nyeridada padapenderita infark miokard,serupadengannyeri angina, tetapi lebih intensif dan berlangsung lama serta tidak sepenuhnya hilang dengan istirahat atau pemberian nitrogliserin. Gejalanya adalah rasa sakit pada dada sentral atau retrosentral, yang dapat menyebar ke salah satu atau kedua tangan, leher dan punggung. Faktor pencetusyang menyebabkanangina adalahkegiatanfisik, emosiberlebihan dan kadang terjadi sesudah makan. Hal ini karena kegiatan tersebut mencetuskan peningkatan kebutuhan oksigen. Namun, sakitdada juga sering timbul ketika pasien sedang beristirahat (Hanafiah, 1996).

Hemoglobin (Hb) merupakan unsur utama sel darah merah, yang berperan penting dalam pengangkutan oksigen dari paru–paru ke seluruh tubuh dan pengangkutan karbondioksida dari jaringan ke paru–paru untuk dibuang.

Pages