Clobetasol Propionate Ampuh Atasi Psoriasis | ethicaldigest

Clobetasol Propionate Ampuh Atasi Psoriasis

Psoriasis berasal dari bahasa Yunani “psora” yang berarti gatal, ketombe atau ruam. Meski demikian, tidak  semua penderita mengeluhkan rasa gatal. Psoriasis adalah suatu penyakit, dimana terjadi inflamasi dan proliferasi yang berakibat cepatnya pergantian sel kulit. Pergantian sel kulit dapat terjadi sampai 7 kali dari rata-rata kulit normal, sehingga lapisan superfisial menebal.

Psoriasis bisa mengenai kulit di semua bagian tubuh, namun kulit kepala adalah bagian yang paling sering terkena. Sekitar 50% penderita psoriasis mengalami gejala psoriasis di kulit kepala. Akibatnya, sel-sel kulit kepala tumbuh terlalu cepat dan menyebabkan terbentuknya bercak putih bersisik tebal atau seperti bedak. Area kulit di sekitarnya tampak kemerahan dan gatal.

Psoriasis kulit kepala dapat menyebabkan timbulnya bercak pada suatu area kulit kepala, seluruh kulit kepala, bahkan menyebar hingga ke dahi, hidung, dagu, belakang telinga, atau dalam telinga. Jika ringan, gejala biasanya akan membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan. Bila gejalanya cukup berat, penderita membutuhkan pengobatan. Biasanya dibutuhkan waktu beberapa bulan atau lebih lama untuk mengatasi ketombe berat.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan psoriasis. Tapi, ada pengobatan untuk mengatasi gejala. Pengobatan yang paling sering diberikan untuk mengatasi gejala ringan, adalah obat-obatan yang dioleskan langsung pada kulit kepala, seperti yang mengandung Clobetasol propionate (Kloderma lotion).

Clobetasol propionate adalah kortikosteroid buatan, yang digunakan secara topikal pada kulit. Clobetasol topikal digunakan untuk mengatasi kondisi kulit dan kulit kepala tertentu seperti psoriasis, ruam dan dermatitis. Kortikosteroid memiliki efek anti inflamasi yang sangat kuat dan menekan sistim kekebalan. Clobetasol adalah korti­kosteroid topikal yang sangat poten dan hanya boleh digunakan jangka pendek. Penggunaan Clobetasol jangka panjang bisa menghasilkan efek samping sistemik serius dan harus dihindari.

Clobetasol propionate dalam berbagai sediaan (gel, lotion, sampo, dan se­ba­gainya) sangat efektif mengobati psoriasis kulit kepala. Dalam sebuah penelitian acak buta ganda, setelah penggunaan selama 4 minggu dua kali sehari, 85% pasien yang menggunakan Clobe­tasol bersih atau hampir bersih dari lesi, dibanding 13% pasien yang menggunakan plasebo (vehicle) (p<0.001). Penelitian lain menunjukkan bahwa Clobetasol propionate 0,05% lebih baik dari larutan betamethasone dipropionate 0,05%.

Penelitian terbaru yang dilakukan Ali Rajabi Estarabadi dan kawan-kawan, dipublikasikan 6 Juni 2017. Ada 12 pasien dengan psoriasis kulit kepala ringan sampai berat yang diobati dengan Clobetasol lotion 0,05% dua kali sehari selama 7 hari. Satu minggu setelah pengobatan, skor PSI median menurun secara signifikan (p=.002). Juga ada penurunan signifikan TEWL median (p=.012) dan peningkatan hidrasi kulit, satu minggu setelah pengobatan (p=.01). Sebanyak 83% pasien puas dengan hasil pengobatan dan merasa nyaman dengan penggunaan Clobetasol lotion.

Tidak hanya untuk psoriasis, Clobetasol propionate bisa digunakan untuk berbagai gangguan pada kulit, seperti ruam, alergi, dermatitis dan eksim, terutama eksim yang sukar sembuh (recalcitrant eczema). Clobetasol propionate membersihkan kerak dan mengu­rangi rasa gatal karena eksim. Obat ini termasuk kortikosteroid super yang poten mengobati peradangan, yang mendasari penyakit eksim.

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Allowed HTML tags: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.