Ethicaldigest

Larutan Nimodipine untuk Perdarahan Subarachnoid

Nimodipine, sebelumnya, hanya tersedia dalam bentuk kapsul gel. Karena biasanya diberikan melalui tabung nasogastrik, produk nimodipine seringkali diambil menggunakan syringe. Akibatnya, dapat terjadi kesalahan dengan memberikan nimodipine secara intravena, bukannya secara enteral (oral). Padahal, pemberian nimodipine secara intravena dapat menyebabkan gangguan serius, sampai kematian. Pada tahun 2010 saja, dilaporkan ada 25 kasus seperti ini, mengakibatkan kematian pada 4 pasien, dan 5 pasien hampir meninggal.

Menilik hal ini, FDA menyetujui penggunaan nimodipine dalam bentuk larutan oral baru-baru ini. Dengan bentuk larutan, diharapkan kesalahan pemberian obat dapat dihindari. Terlebih, setiap dosis nimodipine idikemas dalam syringe oral, yang juga mempermudah pemberian melalui selang nasogastrik. Produk keluaran Arbor Pharmaceutical yang bernama Nymalize ini, merupakan produk nimodipine pertama dan satu-satunya yang berbentuk cairan.

Nimodipine diindikasikan untuk perbaikan neurologis dengan mengurangi insidens dan beratnya defisit neurologis akibat iskemi, pada pasien dewasa dengan perdarahan subarachnoid, akibat ruptur aneurisma berry. Ia dapat diberikan terlepas dari kondisi neurologis post-ictusnya.

Tekanan darah pada pasien yang menerima nimodipine dalam bentuk larutan oral ini harus diawasi. Nimodipine dapat meningkatkan efek penurunan tekanan darah, jika diberikan bersama dengan obat antihipertensi lain. Seperti diuretik, beta blocker, α-adrenergic blocker, PDE5 inhibitor, dan α-methyldopa. Risiko efek samping lebih besar pada pasien sirosis, sehingga perlu diawasi secara ketat dan diberikan dengan dosis rendah.