Ethicaldigest

dr. Franky Mainza Zulkarnain, Sp.B

Melihat reaksi wartawan yang menutup mata atau memalingkan wajah ketika melihat foto-foto hemoroid, dr. Franky Mainza Zulkarnain, Sp.B tersenyum. “Bayangkan. Saya hampir tiap hari melihat anus,” dokter yang praktik di RS Pondok Indah – Puri Indah ini terkekeh.

Tak jarang, pasien atau sejawat mengirim foto mela­lui aplikasi pesan, untuk meminta pendapatnya. Kadang pasien buang air besar berdarah, “Dia foto klosetnya, lalu kirim ke saya. Kebayang kan kalau terima itu saat lagi makan, ha ha ha.”

Ayah dua anak ini hobi guyon. Di RS, ia juga menangani perawatan luka, termasuk luka dekubitus pada pasien geriatri. Mereka sering sulit BAB. Begitu dr. Franky kunjungan, tak lama kemudian mereka BAB. “Saya bilang ke perawat, kalau ada pasien susah BAB, panggil saya. Setelah itu mereka pasti BAB.” Candaan seperti ini adalah cara agar tidak stres, karena, “Setiap hari melihat anus.”

Dia melihat ada kesempatan mengembangkan teknik laser untuk terapi hemoroid (laser hemorrhoidoplasty). Pada 2015 ia ke Tunisia. “Sebenarnya, alat laser ini dari Jerman. Saya belajar ke Tunisia karena di Jerman, sulit menemukan hemoroid grade 3-4.”

Untuk belajar, tentu harus menghadapi kasus yang sulit, yakni hemoroid grade tinggi. Di negara maju, umumnya pasien sudah berobat sejak hemoroid masih grade 1-2. Di Indonesia, “Kalau belum sebesar kue bolu dan belum berdarah-darah, nggak berobat. Ditambah lagi, makanan kita banyak yang pedas-pedas. Tidak heran,  pasien di Asia dan Afrika hemoroidnya besar-besar.”

Dokter yang hobi main musik dan menyanyi ini sudah dua kali memberikan workshop laser hemorrhoidoplast. Pesertanya rombongan dari Vietnam, seorang di antaranya profesor. “Mereka sudah melakukan juga di sana, tapi ingin berbagi tips dan trik, mencari celah saat menangani kasus yang sulit.” Dokter di Eropa kadang meminta pendapatnya saat mengalami sesuatu yang tidak biasa, ketika mengerjakan prosedur laser untuk hemoroid. Meski sibuk, ia sempatkan menulis artikel kesehatan. Termasuk berba­gai prosedur laser untuk masalah di anus. Situs website-nya www.frankymainza.com ada di urutan teratas mesin pencari Google, bila kita ketik kata kunci ‘laser hemoroid’. Pengunjungnya sudah >20.000. Sudah  ada yang endorse? “Masalahnya nggak ada yang mau endorse; topiknya anus sih, hahaha.” (nid)