Ethicaldigest

Terapi Kombinasi Tingkatkan Harapan Hidup Pasien Kanker

Pembedahan untuk pengangkatan tumor primer pada wanita yang didiagnosis mengalami kanker payudara stadium 4, yang diikuti terapi kombinasi standard, mampu meningkatkan angka harapan hidup pasien dibanding dengan terapi standard saja. Hal  ini baru saja dilakukan University of Pittsburgh Cancer institute (UPCI), Amerika Serikat.

Ketua Tim Peneliti dr. Atilla Soran mengatakan, temuan ini akan membawa perubahan standard perawatan untuk pasien kanker payudara satdium 4. Operasi pengangkatan tumor primer, yang dilakukan secara lumpectomy atau mastektomi kemudian diikuti terapi sandard , ternyata memberi hasil yang lebih baik dibanding hanya menggunakan terapi standard saja.

Penelitian ini dilakukan sejak tahun 2007, dengan mengikut sertakan 274 wanita dengan kanker payudara stadium 4, yang berasal dari setidaknya 25 rumah sakit. Dari 274 partisipan, 50% di antaranya menerima terapi standard (menghindari operasi), seperti dengan kombinasi kemoterapi, terapi hormonal dan terapi target. Sebanyak 50% melakukan operasi untuk menghilangkan tumor di payudaran, dan kemudian diikuti dengan terapi standard.

Hasilnya, sekitar 40 bulan setelah diagnosis, pada kelompok wanita yang melakukan operasi diikuti dengan terapi standard, angka harapan hidup rata-rata lebih lama 9 bulan dibanding mereka yang hanya mendapat terapi standard. Sebanyak 42% dari mereka yang melakukan operasi pengangkatan tumor payudara, angka harapan harapan hidup 5 tahun dapat diapai. Sementara pada kelompk yang tidak melakukan operasi, hanya sekitar 25%. Hasil temuan ini rencanannya akan dipresentasikan dalam American Society of Clinical Oncology (ASCO) akhir tahun ini.