Ethicaldigest

RS Pertamina Pusat Luncurkan Layanan Jantung 24 jam

Penanganan yang cepat adalah kunci keberhasilan penanganan iskemia jantung akut. Dalam 4 jam fungsi otot jantung berkurang sekitar 80%. Dua jam berikutnya, fungsi jantung terus berkurang namun tidak setajam 4 jam pertama. Karena itu, enam jam pertama setelah terjadi gejala adalah periode emas pemberian penanganan  pada iskemia jantung.

Menyadari hal ini, pada 1 Agustus 2019, RS Pertamina Pusat  meluncurkan layanan terkini di bidang kegawatdaruratan  jantung dengan menghadirkan #24jamsiaga Catheterization Laboratorium. Layanan ini dilengkapi dengan teknologi yang belum banyak dimiliki oleh RS di Indonesia, yaitu Rotational Atherectomy Device dan Intravascular Ultrasound (IVUS).

“Dengan adanya #24jamsiaga Layanan Kegawatdaruratan Jantung yang, kami berharap dapat melayani masyarakat secara lebih baik lagi dalam menurunkan morbiditas dan mortalitas penyakit jantung,” ucap dr. Kurniawan Iskandarsyah, Sp.JP, Pjs. Direktur RS Pertamina Pusat, Jakarta. Pelayanan kegawatdaruratan jantung RSPP meliputi penanganan pertama di instalasi gawat darurat jantung, terapi trombolitik, PCI primer, pemasangan IABP, pemasangan pacu jantung sementara dan perikardiosentesis. RSPP memiliki 4 Center of Excellence: Cardio Neuro Vascular Center sebagai layanan komprehensif diagnostik dan penanganan penyakit jantung dan neurologi, yang didukung oleh peralatan lengkap dan para ahli yang kompeten; Burn Center sebagai RS rujukan luka bakar yang berpengalaman dengan layanan  medis komprehensif, terarah dan cepat; Minimal invasive surgery center sebagai layanan modern di bidang operasi dengan sayatan minimal; dan aesthetic center sebagai layanan kosmetik dan estetika.